Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyebab Kamera Iphone Lebih Bagus Dari Pada Android

Content
    4 Penyebab Kamera Iphone Lebih Bagus Dari Pada Android

    Sebagai pengguna Smartphone, kita tentunya akan membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kita, baik dari segi harga maupun spesifikasi yang di tawarkan. Kadang kita cukup kebingungan memilih smartphone Apple iPhone atau Smartphone Android. Jika dibandingkan Harga Smartphone besutan Apple memang lebih mahal dibandingkan dengan Smartphone Android, sedangkan jika melihat spesifikasinya Smartphone Android bisa dibilang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Smartphone apple Iphone.

    Seperti pada sektor Kamera, perangkat Smartphone Android rata-rata memiliki resolusi yang besar. Sedangkan Apple iPhone relatif memiliki Kamera dengan resolusi yang tidak terlalu besar. Namun uniknya hasil jepretan dari Kamera iPhone biasanya lebih baik dari hasil jepretan Kamera Smartphone Android.

    Lalu kenapa hasil kamera Apple iPhone masih lebih baik dibandingkan dengan hasil kamera Smartphone Android. Padahal besaran resolusi Smartphone Iphone bisa dikatakan kalah dari Smartphone Android. Berikut beberapa penyebab kamera iphone lebih bagus dari pada android.

    Penyebab Kamera Iphone Lebih Bagus Dari Pada Android


    1. Fitur Khusus Iphone

    Ternyata Apple iPhone menggunakan sistem stabilisasi optic khusus yang mampu bergerak lebih cepat ketika membidik. Kecepatan membidik ini dapat membuat hasil jepretan lebih bagus dan lebih stabil.

    Apple memiliki banyak pengembang kualitas kamera yang profesional, sehingga kualitas gambar yang di hasilkan di setiap jepretan menjadi lebih bagus. Meski memang hingga saat ini masih belum sepenuhnya bisa dikatakan jika hasil jepretan iPhone setara dengan Kamera professional.

    2. Resolusi Lebih Kecil, Tapi Sensor Lebih Besar

    4 Penyebab Kamera Iphone Lebih Bagus Dari Pada Android

    Jika dibandingkan dengan Smartphone berbasis Android, resolusi Kamera dari Apple iPhone memang cukup tertinggal. Apple iPhone masih mengusung resolusi Kamera mulai dari 8 MP hingga 12 MP. Sedangkan Smartphone Android terbaru kini bahkan sudah mengusung resolusi Kamera hingga 108 MP.

    Sebenarnya ada alasan tersendiri mengapa iPhone masih menggunakan resolusi Kamera yang kecil. Ternyata dibandingkan memperbesar resolusi Kamera, Apple lebih fokus untuk memperbesar ukuran sensor. Langkah ini dinilai jauh lebih efektif dibandingkan dengan memperbesar ukuran resolusi Kamera.

    Seperti yang terjadi pada perangkat Apple iPhone 5S. Ketika perangkat dikelasnya sudah mulai mengusung resolusi Kamera mulai dari 10 MP hingga 13 MP, iPhone 5S masih menggunakan Kamera dengan resolusi sebesar 8 MP.

    Namun sebagai gantinya Apple justru memperbesar ukuran sensornya 15 persen lebih besar dibandingkan dengan perangkat iPhone generasi sebelumnya. Dari ukuran 1.4 mikron menjadi 1.5 mikron. Dan hasilnya terbukti efektif, hasil jepretan dari iPhone 5S dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan hasil jepretan Smartphone Android dengan Kamera beresolusi 10 MP.

    Ukuran sensor ini memang cukup berpengaruh dalam proses pengambilan gambar, semakin besar ukuran sensor maka semakin banyak juga tangkapan cahaya yang berhasil diambil sehingga hasil bidikannya akan terlihat lebih jernih dan juga dapat mengurangi noise.


    3. Prosesor Buatan Sendiri

    4 Penyebab Kamera Iphone Lebih Bagus Dari Pada Android

    Perangkat Apple iPhone kadang kali dikatakan sebagai perangkat Smartphone yang cukup ekslusif. Hal ini dikarenakan Apple sering membuat sendiri komponen-komponen yang disematkan pada Smartphone adalannya ini.

    Bahkan hingga prosesor yang digunakan oleh iPhone langsung di produksi sendiri oleh Apple. Karena ini juga Apple lebih diberikan keleluasaan untuk mengembangkan berbagai macam fitur yang dimiliki oleh perangkat iPhone, termasuk fitur Kamera.

    Seperti ketika Apple membuat prosesor A7, Apple membekali prosesor ini dengan fitur Image Signal Processor. Fitur ini dibuat khusus untuk mengolah semua aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan gambar. Seperti melakukan Color Correction, pengaturan white balance, konversi format dan masih banyak tugas lainnya.

    Sedangkan untuk prosesor A9, Apple kembali menyisipkan fitur terbaru yang di berinama Live Photos. Fitur terbaru ini mampu menghasilkan foto bergerak mirip format GIF. Foto ini diklaim seolah-olah terasa nyata dan hidup meski hanya pada kenyataannya hanya sebuah tangkapan Kamera. Penggunaan prosesor buatan sendiri juga konon menjadi salah satu alasan mengapa Harga Smartphone besutan Apple ini lebih mahal dari perangkat pesaingnya.

    4. Flash Yang Lebih Istimewa

    4 Penyebab Kamera Iphone Lebih Bagus Dari Pada Android

    Mengapa flash pada perangkat iPhone dikatakan istimewa?, hal tersebut karena flash yang digunakan iphone berbeda dengan flash pada android. Flash yang digunakan iPhone menggunakan konsep True Tone sehingga lampu LED yang digunakan jumlahnya lebih banyak.

    Banyaknya jumlah LED yang digunakan bisa mempengaruhi hasil foto pada kondisi minim cahaya. Itu juga yang membuat mengapa hasil jepretan iPhone tetap terlihat bagus meski dalam kondisi minim cahaya.

    Pihak Apple juga mengklaim jika flash dengan format True Tone ini bisa menghasilkan 1000 variasi warna yang menyesuaikan dengan sumber cahaya. Selain itu juga bisa menghasilkan skin tone dari objek menjadi lebih natural.

    Karena ini tidak heran jika hasil jepretan Apple iPhone tetap natural baik di kondisi full cahaya ataupun minim cahaya jika dibandingkan dengan hasil jepretan Smartphone Android.

    Nah, itulah penyebab kamera iphone lebih bagus dari pada android walaupun iphone memiliki resolusi kamera yang lebih kecil dari pada android. Maka tidak heran jika harga iphone tergolong lebih mahal dari pada android.