Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 9 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Content
    Ketahui 9 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

    Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan - Sinar matahari di waktu tertentu sangat baik untuk kesehatan manusia, dengan cuaca yang cerah menjadikan pagi hari menjadi lebih hangat ditambah dengan udara yang sejuk dan segar menjadi padu padan yang lengkap dalam menikmati hidup dan tidak ada salahnya anda keluar rumah yang masih terkurung pendingin ruangan.

    Tidak terkena sinar matahari sama sekali karena lingkungan pekerjaan atau rumah yang terkurung di dalam ruangan tanpa asupan sinar matahari dan udara menjadikan anda terhalang dari banyaknya manfaat yang terkandung pada sinar matahari yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa hal yang patut anda ketahui tentang kebaikan sinar matahari.

    Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan


    Mengandung Vitamin D

    Dengan terkena paparan sinar matahari selama 5 menit saja sudah memberikan kontribusi 400 unit vitamin D pada tubuh anda, karena saat waktu tertentu terutama di pagi hari berkas sinar ultraviolet akan disaring oleh kulit dan menjadikan simpanan kolestrol yang berubah menjadi vitamin D yang baik untuk kulit tubuh.

    Pembentukan Dan Memperbaiki Tulang

    Penyerapan kalsium yang dihasilkan dari paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D dapat meningkatkan pembentukan dan perbaikan pada tulang. Kebaikan sinar matahari ini pun ditunjukan dengan khasiat yang sangat bermanfaat untuk tulang dan pencegahan penyakit yaitu rakhitis dan osteomalacia.

    Penawar Infeksi dan Penumbuhan Bakteri

    Khasiat dari sinar matahari mampu membunuh banyak bakteri penyakit, jamur dan virus. Untuk penderita TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma membutuhkan pancaran sinar dari matahari untuk terapi. Bahkan untuk virus yang berbahaya dan juga mematikan seperti virus penyebab kanker dapat dimusnahkan oleh sinar ultraviolet yang dihasilkan dari pancaran sinar matahari.


    Meningkatkan Kebugaran Pernafasan

    Sinar matahari berfungsi sebagai meningkatkan kapasitas darah dalam tubuh guna membawa oksigen dan mengirimnya ke jaringan-jaringan. Selain itu sinar matahari juga dapat meningkatkan pernafasan menjadi bugar dikarenakan jumlah glikogen menjadi semakin bertambah setelah terpapar dengan sinar matahari langsung.

    Kekebalan Dalam Tubuh

    Salah satu khasiat terpenting yang terkandung dalam sinar matahari adalah terjadinya penambahan pada sel darah putih juga limfosit yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang tubuh kita. Dengan berjemur selama 10 menit dibawah sinar matahari selama dua kali dalam seminggu menjadikan tubuh kita terhindar dari resiko penyakit musiman, yaitu flu hingga 30-40% karena secara tidak langsung antibodi dalam tubuh ikut meningkat.


    Meredam Kolestrol Darah

    Dari kekebalan dalam tubuh semakin meningkat menjadikan dan kolestrol dibawah kulit menjadi bagian dari vitamin D, otak dan tubuh bergabung memberikan sinyal kepada seluruh kolestrol yang ada dalam darah untuk keluar dari dalam darah dan menuju ke area kulit. Dan dengan kata lain proses ini pun menjadi proses kadar kolestrol dalam darah yang dapat dikontrol dengan baik.

    Mengurangangi Gula Darah

    Sebagai insulin alami sinar matahari memberikan jalan terhadap penyerapan glukosa yang masuk ke dalam sel-sel tubuh manusia. Dari situ dapat merangsang tubuh untuk mengubahnya menjadi gula darah yang dijadikan glycogen, dan disimpan di dalam organ hati dan otot guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

    Mencegah Kepikunan

    Jarang sekali terdengar bahwa sinar matahari juga dapat merangsang kesehatan otak dengan berbagai macam kimia yang ada dalam tubuh. Dan dengan kebaikan itu pula bermanfaat dalam menjaga kualitas otak dari ingatan dan memori dalam otak agar terhindar dari kepikunan.

    Meningkatkan Pertumbuhan pada Anak

    Saat anak yang baru dilahirkan dibutuhkan sinar matahari sebagai penunjang kondisi kesehatan dan tubuhnya. Beberapa kebaikan matahari untuk bayi yang baru beberapa bulan dilahirkan membantu postur tubuh menjadi lebih baik dan tinggi badan sempurna.

    Dari semua paparan diatas, kini kita tahu bahwa begitu pentingnya matahari bagi kehidupan. Dengan tinggal di daerah tropis seperti dinegara Indonesia menjadi poin plus untuk menjaga dan mengobati kesehatan kita dengan cara yang mudah dan alami tanpa repot mempersiapkan segala hal kita sudah mendapatkan banyak manfaat dari sinar matahari tersebut.