Ketahui 7 Penyebab Badan Cepat Lelah

7 Penyebab Badan Cepat Lelah

Sedikitnya ada 7 penyebab badan cepat lelah yang harus Anda tahu. Bukan hanya karena padatnya aktivitas atau kurang tidur. Ada cukup banyak penyebab tubuh cepat lelah. Setidaknya 7 alasan ini membuat seseorang merasakan mudah merasa lelah.

1. Tidak minum cukup air

Dehidrasi 2 persen saja sudah dapat membuat tubuh jadi kurang berenergi. Sebagaimana dijelaskan Amy Goodson, RD, seorang ahli nutrisi di Texas Health Ben Hogan Sports-Medicine.

2. Kurang asupan zat besi

Kekurangan zat besi dapat membuat Anda merasa lesu, mudah emosi, lemah dan juga tidak fokus. Ini dapat membuat Anda lelah karena sel-sel dan otot jadi kekurangan oksigen. Segera penuhi berbagai kebutuhan zat besi Anda, bisa dari sayuran yang berdaun hijau tua, kacang merah, telur, tahu, dan kacang-kacangan.

3. Bersikap perfeksionis

Irene Levine, PhD, seorang psikiatri di New York University School of Medicine menjelaskan bahwa berjuang untuk melakukan berbagai hal dengan sempurna, tidak perlu membuat Anda jadi bekerja lebih keras dan juga waktu yang lebih panjang dari yang diperlukan. Seorang perfeksionis biasanya membuat sebuah tujuan yang tidak realistis, cukup sulit ataupun tak mungkin untuk dicapai. Oleh sebab itu lebih baik memberi batas waktu dan juga berusaha menempati waktu tersebut. Ini juga merupakan salah satu penyebab badan cepat lelah.

4. Melewatkan sarapan

Siapa bilang saat pagi hari tidak membutuhkan asupan energi. Saat tidur tubuh juga butuh bahan bakar untuk dapat memompa darah dan agar oksigen mengalir. Artinya Anda selalu membutuhkan sarapan untuk dapat mengisi bahan bakar dalam aktivitas selanjutnya agar tidak lemas. Goodson merekomendasikan orang-orang untuk sarapan yang mencakup jenis biji-bijian, protein dan juga lemak sehat. Misalnya seperti outmeal, sarapan susu rendah lemak, roti gandum dan telur.

5. Terlalu sering makan makanan cepat saji

Makanan tinggi gula dan juga karbohidrat seperti yang cukup banyak ditemukan pada makanan cepat saji akan cepat meningkatkan gula darah. Lonjakan gula darah inilah yang akan menyebabkan tubuh merasa cepat lelah.

6. Ruang kerja/belajar yang berantakan

Segera rapikan meja kerja atau tempat belajar Anda. Meja yang berantakan membatasi kemampuan Anda untuk tetap fokus dan juga membatasi kemampuan otak untuk dapat memproses informasi, ini menurut studi dari Princeton.

7. Tidur dengan lampu menyala

Berbagai cahaya yang ada di sekitar kamar seperti dari cahaya lampu, handphone dan peralatan elektronik dapat mengganggu ritme alami tubuh Anda untuk tidur. Menurut dr. Allen Towfigh, MD, seorang direktur medis New York Neurology And Sleep Medicine, P.C, Cahaya tersebut dapat menekan hor-mon melatonim yang berfungsi mengatur tidur dan bangun tidur.

Apakah anda sudah menemukan penyebab badan cepat lelah pada diri Anda sendiri? Segera perbaiki dan hindari kebiasaan buruk tersebut agar bisa mendapatkan tubuh bugar juga semangat sepanjang hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel