6 Tips Mengatur Waktu Ketika Bekerja

6 Tips Mengatur Waktu Ketika Bekerja

Disiplin mengatur waktu memegang peranan penting dalam urusan pekerjaan.Nah, kita punya lima cara yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang.

6 Tips Mengatur Waktu Ketika Bekerja


Pelajari Kebiasaan

Mulailah dengan mempelajari kebiasaan sehari-hari Anda selama seminggu. Perhatikan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Misalnya, jika Anda harus menulis laporan setiap hari Kamis dan butuh waktu sekitar dua jam untuk melakukannya, gunakan dua jam di hari itu untuk fokus bekerja dan tidak melakukan hal lain. Mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan, amat penting untuk melanjutkan aktivitas dalam sehari.

Set Reminder

Bagi Anda termasuk orang yang pelupa, mengatur reminder di smartphone adalah cara yang cukup ampuh. Catat hal apapun mulai dari urusan pekerjaan, pembayaran tagihan, ulang tahun teman hingga daftar belanja. Jika perlu, Anda bisa mengaturnya beberapa bulan sebelum hari H.

Pahami Cara Kerja Anda

Semua orang memiliki gaya bekerja yang berbeda. Ada yang suka memulainya dari pagi, ada pula yang lebih produktif di malam hari. Cari tahu gaya kerja Anda dan gunakan untuk mengatur jadwal kegiatan. Misalnya, Anda merasa mulai lelah di sore hari dan tidak lagi bisa berpikir jernih. Kerjakan to-do list di pagi hari agar Anda bisa menikmati waktu santai di sore hari.

Buat Prioritas

Dalam menyusun skala prioritas Anda perlu membagi pekerjaan ke beberapa kategori, yaitu penting dan mendesak, penting, mendesak, tidak terlalu penting, dan tidak terlalu mendesak. Next, selesaikan terlebih dulu adalah pekerjaan yang masuk kategori penting dan mendesak. Jenis pekerjaan yang seperti ini harus Anda selesaikan secepatnya. Setelah itu, kerjakan urutan selanjutnya.

Jangan Menunda-nunda

Mengapa harus menunda pekerjaan yang bisa Anda lakukan sekarang? Menghindari tugas yang Anda benci, tidak akan membuatnya makin mudah jika dikerjakan esok harinya. Suka tidak suka Anda harus menyelesaikannya kan? Jadi, jangan buang waktu dan energi untuk mencari cara menunda pekerjaan dengan melakukan hal lain.


Block Diri dari Gangguan

Hindari hal yang dapat mengganggu konsentrasi dengan mematikan notifikasismartphone ketika mengerjakan tugas yang diprioritaskan. Anda akan bisa lebih fokus dan lebih cepat menyelesaikannya daripada ketika melakukan sambil mengecek media sosial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel