Pengertian Server Mirror dan Fungsinya

Pengertian Server Mirror dan Fungsinya

Server merupakan sistem komputer yang menyediakan sebuah jenis layanan atau service tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server memiliki banyak jenis di antaranya adalah server mirror.

Seperti namanya yaitu terdapat kata mirror  yang artinya cermin, dimana server mirror ini merupakan sebuah server yang di cerminkan atau di cloning sehingga terjadi sebuah server seperti di mirroring.

Untuk lebih jelasnya mengenai Server Mirror ini berikut telah kami siapkan pengertian mirror server dan fungsi mirror server.

Pengertian Server Mirror

Mirror server merupakan sebuah proses yang terdapat di dalam manajemen jaringan yang mengcloning atau mereplika sebuah server dari server utama yang dibuat pada waktu sedang berjalan.

Mirroring Server adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengamankan data penting jika terjadi error pada server utama.

Dimana server utama membuat duplikat sebuah data atau dokumen kemudian dibuat cadangannya kemudian di letakkan di server mirror, yang nanti nya apabila server utama error, server utama dapat memulihkan data tersebut yang di ambil dari server mirror yang telah melakukan pencadangan tersebut.

Server mirror ini biasanya di lakukan oleh instansi atau  perusahaan untuk mengamankan data atau dokumen penting.

Mirroring server merupakan sebuah cara yang bisa di bilang membuatnya butuh biaya yang mahal karena setiap server harus dicerminkan. Tetapi cara ini merupakan cara yang efektif karena dapat mengatasi kesalahan atau kegagalan pada server utama.

Proses Mirroring server bekerja melalui perangkat lunak cadangan khusus yang diinstal pada server cadangan dan server yang akan dicerminkan.

Perangkat lunak ini nantinya akan menyinkronkan dan mencadangkan data dari server utama melalui VPN ke server cadangan secara berkala. Pada proses ini di butuhkan server cadangan untuk konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras.

Mirror server juga digunakan untuk penyeimbangan dengan menyediakan data untuk pengunduhan yang cepat bagi pengguna yang terhubung dari jarak jauh.

Fungsi Mirror Server

Mirror Server berfungsi untuk mengurangi lalu lintas data pada suatu website. Misalkan anda mengunjungi sebuah facebook, Server Facebook tersebut terdapat di beberapa negara, tidak hanya ada di satu negara.

Seandainya hanya ada satu server Facebook , tentu saja lalu lintas datanya bisa terganggu karena Facebook memiliki pengguna yang banyak untuk dilayani.

Jadi, misalkan Anda akan mendownload sebuah File yang berserver di amerika. Maka, ketika anda memdownload sebuah file tersebut akan lemot karena lokasinya sangat jauh dari anda. Maka untuk mempercepatnya di buatlah Mirror dari situs download tersebut dengan membuat server baru yang berlokasi di negara anda.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin dekat anda dengan sebuah server maka akan semakin cepat juga anda mengakses situs tersebut, jika server utama mengalami kegagalan maka server cadangan akan mengantikannya.

Demikian penjelasan tentang server mirror, semoga dapat membantu anda mengenai mirror server ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel