Cara Membuat Box Komponen Menggunakan Akrilik

Akrilik dapat dibuat berbagai macam bentuk, salah satunya membuat box komponen ini. Setelah sebelumnya kita sudah membuat papan matrik LED dari akrilik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat Box Komponen.

Box Komponen adalah tempat atau box yang berukuran persegi panjang yang di design sedemikian rupa sesuai dengan keinginan dan ukuran yang diperlukan. Box Komponen ini biasa digunakan sebagai tempat meletakkan komponen - komponen elektronika seperti IC, Dioda, Transistor, Resistor, dan lain lain.

Box komponen yang akan dibuat kali ini yaitu box komponen tanpa tutup. Bagian dari box ini adalah panel depan, panel belakang, panel samping kiri, dan panel samping kanan. Sebelum masuk ke langkah kerja anda perlu menyiapkan alat serta bahan yang diperlukan dalam pembuatan Box Komponen ini.

Berikut alat dan bahan yang harus di sediakan:
  • Pensil
  • Penggaris
  • Pisau Cutter
  • Kikir
  • Lem Chlorofam
  • Akrilik

Langkah-langkah Membuat Box Komponen


1. Langkah pertama yaitu menggambar sketsa atau pola awal pada permukaan akrilik. Penggambaran sketsa ini harus dilakukan se-teliti mungkin agar mendapatkan hasil yang bagus dan hasil yang maksimal.

2. Dalam penggambaran sketsa pada permukaan akrilik, gunakan penggaris sebagai patokan pengukuran, agar gambar sketsa yang dihasilkan sesuai dengan ukuran yang sebenarnya.

3. Pada bagian ini sketsa yang akan digambar yaitu diantaranya sebagai berikut:
PANEL BAWAH
PANEL BELAKANG
PANEL DEPAN
PANEL KIRI & KANAN
4. Setelah semua sketsa digambar diatas permukaan akrilik dengan baik. Maka anda telah dapat melakukan proses pemotongan pada masing-masing bagian sketsa. Pemotongan pada akrilik ini menggunakan pisau cutter. Dalam pemotongan ini anda juga menggunakan penggaris agar hasil yang didapatkan lebih rapi.

5. Setelah proses pemotongan selesai dilakukan pada setiap bagian box komponen yang diperlukan. Setelah itu dilakukanlah proses pengikiran.

6. Setelah proses pengikiran selesai, maka anda dapat beralih kepada proses pengeleman. Lem yang digunakan yaitu lem Chlorofoam. anda harus berhati-hati dan harus sangat teliti pada proses ini. Karena akan dilakukan penyatuan pada masing-masing bagian box komponen yang telah di potong sebelumnya.

7. Setelah selesai pengeleman tunggu beberapa menit sampai lem merekat dengan sempurna.

8. Setelah semua langkah selesai dilakukan, maka akan dilakukan pengujian pada box komponen tersebut. Dengan cara memasukkan air kedalam box komponen tersebut. Box komponen yang bagus yaitu box komponen yang tidak mengalami kebocoran.

Supaya anda mendapatkan hasil yang bagus tentunya anda harus teliti dalam proses pembuatannya, baik dalam pengikisan, pemotongan, pengeleman maupun yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel