Cara Membuat Box Power Supply Menggunakan Akrilik

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat box power supply menggunkan akrilik. Box power supply yaitu kotak yang digunakan untuk meletakkan power supply. Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.

Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.

Box power supply dibuat seperti persegi. Dengan menggunakan akrilik dibuatlah power supply dengan ukuran tertentu. Saat pembuatan sketsa box power supply pada akrilik dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Saat melakukan pembendingan harus sesuai aturan agar sudut siku yang dibentuk sesuai.

Sebelum masuk ke langkah kerja anda perlu menyiapkan alat serta bahan yang diperlukan dalam pembuatan box power supply ini. Berikut alat dan bahan yang harus di sediakan:
  • Alat tulis
  • Akrilik
  • Cutter
  • Penitik
  • Palu
  • Mesin bor
  • Kikir
  • Mesin bor
  • Alat banding
  • Lem
Gambar Sketsa Box Power Supply

BAGIAN ALAS
BAGIAN ATAS


Langkah-langkah Membuat Box Power Supply


Dalam pembuatannya memerlukan tenaga serta memerlukan ketelitian, ketekunan dan kesabaran. Ketepatan pengukuran dalam pengerjaan suatu projek penting sekali. Ukuran yang tepat akan menghasilkan produk yang baik.

Bahan dasar yang digunakan adalah Akrilik mempunyai ketebalan 3 mm dan warna hitam. Pada pengerjaan ini tidak hanya sebatas pengerjaan tapi menggunakan perkakas-perkakas itu sesuai dengan fungsi dan kegunaannya sehingga hasil dan bentuk akan dapat dengan sempurna sesuai dengan yang ditargetkan. Langkah-langkah pembuatan box power supply sebagai berikut :

1. Potong akrilik dengan menggunakan cutter dengan ukuran yang dibutuhkan untuk bagian tutup dan alas. Pada saat pemotongan akrilik, lebihkan ukuran akrilik kira-kira dua sampai tiga milimeter dari ukuran sketsa. Hal ini dilakukan karena pada saat pembendingan atau pembengkokkan ukuran akrilik akan berkurang.

2. Gambar sketsa pada akrilik yang dijadikan alas,selanjutnya membor bagian akrilik yang seharusnya di bor dengan menggunakan mesin bor dan dengan ukuran mata bor yang diinginkan.

3. Selanjutnya membuat bagian persegi panjang pada bagian depan box power supply dengan cara membor dengan ukuran 9mm kemudian di kikir dengan menggunakan kikir bulat dan petak sehingga terbentuk bagian persegi panjang pada bagian depan box power supply.

4. Setelah semua bagian komponen selesai di bor dan dibentuk sesuai  bentuknya, maka langkah selanjutnya adalah dengan merapikan sisi-sisi akrilik dengan kikir. Tujuannya agar akrilik terlihar rapi dan halus. Pada saat mengikir, anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak mengurangi ukuran akrilik yang seharusnya dan dilakukan dengan gerakan satu arah.

5. Setelah semua bagian box rapi, langkah selanjutnya adalah proses pembengkokkan dengan menggunakan alat bending. Caranya dengan meletakkan akrilik diatas meja kemudian panaskan akrilik dengan menggunakan sebuah alat yang berbentuk seperti tabung kecil bulat dan panjang. alat ini menghasilkan panas sehingga akrilik menjadi lunak dan lentur.

6. Setelah akrilik lentur, selanjutnya bengkokkan akrilik yang panas tadi dengan menjepit akrilik dengan dua buah balok yang tahan panas. Kemudian dorong balok hingga akrilik dirasa sudah benar-benar bengkok kemudian lepas.

7. Langkah selanjutnya adalah proses pemotongan akrilik berwarna gelap.Kemudian rapikan akrilik gelap yang dipotong tadi dengan menggunakan kikir.

8. Langkah selanjutnya adalah proses pengeleman. Pengeleman dilakukan pada akrilik yang tebalnya 5mm ke akrilik yang tebalnya 2mm.  Proses pengeleman pada sisi-sisi box harus dilakukan dengan hati-hati. Caranya dengan lem bagian sisi akrilik warna gelap kemudian tempelkan ke akrilik yang berwarna bening. Tahan akrilik selama proses pengeleman.

9. Setelah semua proses pengeleman selesai, selanjutnya adalah membersihkan box dari bekas pembakaran tadi. Setelah semua dirasa cukup maka box power supply siap digunakan.

Itulah cara membuat box power supply menggunakan akrilik, semoga bermanfaat.

Terima kasih !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel