Cara Membuat Papan Matriks LED Menggunakan Akrilik

Dalam pembuatan papan matriks LED ini membutuhkan ketelitian, ketekunan, kesabaran dan pengukuran yang tepat. Agar pemasangan LED dapat terpasang dengan sempurna. Setiap langkah yang dilakukan dalam proses pembuatan ini harus berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan dan kecelakaan kerja pada saat pembuatan.

Karena alat-alat yang digunakan dalam pembuatan cukup berbahaya dan membutuhkan ketelitian dalam penggunaannya. Sebelum membahas cara membuat papan matriks LED ini, tentunya anda terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan membantu anda pada saat proses pembuatannya.

Berikut beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan adalah :
  • Alat tulis seperti pensil, penghapus, dan penggaris
  • Akrilik.
  • Cutter
  • Kikir
  • Mesin bor
  • Siku-siku
  • Penitik
  • Palu
  • Meja atau alas bor
  • Mata bor.

Langkah-Langkah Membuat Papan Matriks LED


Anda diharapkan mengikuti langkah-langkah berikut dengan baik dan benar supaya hasilnya dapat sesuai dengan keinginan. Berikut Langkah-langkah dalam pembuatan papan matriks LED :

1. Langkah pertama adalah memotong akrilik dengan ukuran 100mm x 100mm dengan menggunakan cutter. Caranya adalah dengan menggoreskan cutter ke akrilik dengan berulang kali hingga akrlik sedikit terpotong. Kemudian patahkan akrilik dengan tangan hingga terpotong dengan ukuran yang telah ditentukan.

2. Selanjutnya rapikan sisi-sisi pinggir akrilik dengan menggunakan kikir. Dengan cara menggoreskan kikir pada sisi pinggir akrilik secara berulang kali hingga pinggir akrilik rapi dan halus. Diharapkan Mengikir akrilik dengan hati-hati agar tidak mengurangi ukuran akrilik yang sebenarnya.

3. Setelah akrilik rapi, buat gambar titik – titik di akrilik yang akan menjadi tanda tempat pemboran dengan jarak antara titik 5mm.

4. Langkah selanjutnya adalah menitik akrilik dengan menggunakan penitik pada titik-titik yang telah ditentukan tadi. Caranya letakkan penitik pada akrilik kemudian pukul penitik dengan mengguankan palu. Pukul penitik secara perlahan agar akrilik tidak pecah atau retak. Tujuan dari melakukan penitikkan adalah untuk mengurangi resiko pecah pada akrilik saat di bor.

5. Selanjutnya membor akrilik dengan ukuran mata bor 5 mm. Cara menggunakan bor adalah dengan meletakkan meja bor, kemudian letakkan akrilik diatasnya. Selanjutnya tekan tombol on pada bagian kiri bor. Setelah mata bor berputar, turunkan jari-jari bor yang dibagian kanan kebawah hingga akrilik terlubangi kemudian tahan dan lepaskan jari-jari bor.

6. Setelah selesai, rapikan kembali sisi-sisi pinggir akrilik dengan kikir. Setelah semua selesai dan dirasa cukup, maka matriks selesai dibuat dan siap untuk digunakan.

Itulah, langkah-langkah untuk membuat sebuah papan matriks LED. Walaupun membuat nya pada saat ini sudah bisa dibuat secara otomatis menggunakan mesin khusus, tetapi alangkah baiknya anda juga bisa membuatnya dengan cara manual.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel