Code Block Dasar MIT App Inventor Lengkap

Code Block MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan sebuah pemrograman visual yang intuitif yang memungkinkan anda untuk belajar membuat sebuah aplikasi android.

Code Block Dasar MIT App Inventor Lengkap

Jika anda baru mengenal MIT App Inventor, anda ingin membuat sebuah aplikasi android dan ada tidak tahu caranya, anda tidak perlu khawatir dengan menggunakan app inventor anda dapat membuat sebuah aplikasi android sederhana dengan mudah.

Pada app inventor telah disediakan alat berbasis blok untuk membuat sebuah aplikasi, sehingga akan mempermudah anda.

Code block ini lah yang akan saya bahas kali ini, tentang fungsi dan cara menggunakan nya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Code Blocks App Inventor

Untuk dapat membuat sebuah aplikasi android menggunakan MIT app inventor, tentunya anda terlebih dahulu harus menggetahui fungsi dari block-block yang terdapat di app inventor. Berikut block secara umum yang terdapat di app inventor:

1. Control Blocks

  • if & if else
Merupakan Tes kondisi yang diberikan. Dimana Jika kondisinya benar, lakukan tindakan dalam urutan blok tertentu, jika tidak, blok akan diabaikan. 

Merupakan Tes kondisi yang diberikan. Jika hasilnya benar, lakukan tindakan dalam urutan blok then, jika tidak, lakukan tindakan dalam urutan blok -else.


Merupakan Tes kondisi yang diberikan. Jika hasilnya benar, lakukan tindakan dalam urutan then, jika tidak menguji pernyataan di bagian else if. Jika hasilnya benar, lakukan tindakan dalam urutan then jika tidak, lakukan tindakan dalam urutan blok -else.

  • or each from to

Menjalankan blok di bagian numerik dalam rentang mulai dari dan berakhir pada, menambah angka dengan nilai setiap kali. Gunakan nama variabel yang diberikan, angka untuk merujuk ke nilai saat ini.

Anda dapat mengubah nomor nama menjadi sesuatu yang lain jika diinginkan.

  • for each in list

Menjalankan blok di bagian lakukan untuk setiap item dalam daftar. Gunakan nama variabel yang diberikan, item, untuk merujuk ke item daftar saat ini. Anda dapat mengubah item nama menjadi sesuatu yang lain jika diinginkan.

  • while

Tes kondisi -test. Jika benar, lakukan tindakan yang diberikan dalam -do, lalu tes lagi. Ketika tes salah, blok berakhir dan tindakan yang diberikan dalam -do tidak lagi dilakukan.

  • if then else

Tes kondisi yang diberikan. Jika pernyataan itu benar, lakukan tindakan dalam urutan then kembali blok dan mengembalikan nilai then kembalij, jika tidak, lakukan tindakan dalam urutan else kembalikan blok dan kembalikan nilai else.

  • do

Terkadang dalam suatu prosedur atau blok kode lain, Anda mungkin perlu melakukan sesuatu dan mengembalikan sesuatu, tetapi karena berbagai alasan Anda dapat memilih untuk menggunakan blok ini dari pada membuat prosedur baru.

  • evaluate but ignore result

Menyediakan "dummy socket" untuk memasang blok yang memiliki colokan di sebelah kirinya ke tempat di mana tidak ada soket, seperti salah satu urutan blok di bagian do prosedur atau blok if.

Blok yang Anda masukkan akan dijalankan, tetapi hasil yang dikembalikan akan diabaikan. Ini bisa bermanfaat jika Anda menetapkan prosedur yang mengembalikan hasil, tetapi ingin menyebutnya dalam konteks yang tidak menerima hasil.

  • open another screen

Buka layar dengan nama yang disediakan.

  • open another screen with start value

Buka layar lain dan berikan nilai padanya.

  • get start value

Mengembalikan nilai awal yang diberikan ke layar saat ini. Nilai ini diberikan dari penggunaan membuka layar lain dengan nilai awal atau tutup layar dengan nilai.


  • close screen

Menutup layar saat ini.
  • close screen with value

Menutup layar saat ini dan mengembalikan nilai ke layar yang membuka yang ini.

  • close application

Menutup aplikasi.

  • get plain start text

Mengembalikan teks biasa yang diteruskan ke layar ini ketika dimulai oleh aplikasi lain. Jika tidak ada nilai yang diteruskan, ini mengembalikan teks kosong. Untuk beberapa aplikasi layar, gunakan get start value dari pada get text start biasa.

  • close screen with plain text

Menutup layar saat ini dan meneruskan teks ke aplikasi yang membuka ini. Perintah ini untuk mengembalikan teks ke aktivitas selain Penemu Aplikasi, bukan ke layar Penemu Aplikasi. Untuk Layar Penemu Aplikasi, seperti pada beberapa aplikasi layar, gunakan Tutup Layar dengan Nilai, bukan Tutup Layar dengan Teks Biasa.

2. Logic Blocks


  • true

Merupakan nilai konstan yang benar. Gunakan itu untuk menetapkan nilai properti boolean komponen, atau sebagai nilai variabel yang mewakili suatu kondisi.

  • false

Merupakan nilai konstan salah. Gunakan itu untuk menetapkan nilai properti boolean komponen, atau sebagai nilai variabel yang mewakili suatu kondisi.

  • not

Melakukan negasi logis, mengembalikan false jika input benar, dan benar jika input salah.

  • =

Menguji apakah argumennya sama.

Dua angka sama jika jumlahnya sama, misalnya 1 sama dengan 1,0.

Dua blok teks sama jika mereka memiliki karakter yang sama dalam urutan yang sama, dengan huruf yang sama. Misalnya, pisang tidak sama dengan Pisang.

Angka dan teks sama jika angka sama dengan angka yang akan dicetak dengan teks itu.

Dua daftar sama jika mereka memiliki jumlah elemen yang sama dan elemen yang sesuai sama.


Tes untuk melihat apakah dua argumen tidak sama.

  • and

Menguji apakah semua rangkaian kondisi logis benar. Hasilnya benar jika dan hanya jika semua kondisi yang diuji adalah benar.

Saat Anda memasukkan kondisi ke soket tes, soket lain muncul sehingga Anda dapat menambahkan kondisi lain. Kondisi diuji dari kiri ke kanan, dan pengujian berhenti segera setelah salah satu kondisi salah.

  • or

Menguji apakah ada satu set kondisi logis yang benar. Hasilnya benar jika satu atau lebih kondisi yang diuji adalah benar.

Saat Anda memasukkan kondisi ke soket tes, soket lain muncul sehingga Anda dapat menambahkan kondisi lain.

Kondisi diuji dari kiri ke kanan, dan pengujian berhenti segera setelah salah satu kondisi benar. Jika tidak ada kondisi untuk diuji, maka hasilnya salah.

3. Variable Blocks 


  • initialize global name to

Blok ini digunakan untuk membuat variabel global. Dibutuhkan segala jenis nilai sebagai argumen. Mengklik nama akan mengubah nama variabel global ini. Variabel global digunakan dalam semua prosedur atau peristiwa sehingga blok ini akan berdiri sendiri.

Variabel global dapat diubah saat aplikasi sedang berjalan dan dapat dirujuk dan diubah dari bagian mana pun dari aplikasi bahkan dalam prosedur dan penangan acara.

Anda dapat mengganti nama blok ini kapan saja dan setiap blok terkait yang merujuk pada nama lama akan diperbarui secara otomatis.

  • get

Blok ini menyediakan cara untuk mendapatkan variabel apa pun yang mungkin Anda buat.

  • set to

Blok ini mengikuti aturan yang sama dengan get. Hanya variabel dalam cakupan yang akan tersedia dalam dropdown. Setelah variabel v dipilih, pengguna dapat melampirkan blok baru dan memberikan v nilai baru.

  • initialize Local name to - in (do)

Blok ini adalah mutator yang memungkinkan Anda untuk membuat variabel baru yang hanya digunakan dalam prosedur yang Anda jalankan di bagian DO dari blok.

Dengan cara ini semua variabel dalam prosedur ini akan dimulai dengan nilai yang sama setiap kali prosedur dijalankan.

  • initialize Local name to - in (return)

Blok ini adalah mutator yang memungkinkan Anda untuk membuat variabel baru yang hanya digunakan dalam prosedur yang Anda jalankan di bagian RETURN dari blok.

Dengan cara ini semua variabel dalam prosedur ini akan dimulai dengan nilai yang sama setiap kali prosedur dijalankan.

Anda dapat mengganti nama variabel di blok ini kapan saja dan blok yang sesuai di tempat lain dalam program Anda yang merujuk pada nama lama akan diperbarui secara otomatis

4. Procedures 

  • procedure do

Mengumpulkan urutan blok bersama menjadi grup. Anda kemudian dapat menggunakan urutan blok berulang kali dengan memanggil prosedur.

Jika prosedur memiliki argumen, Anda menentukan argumen dengan menggunakan tombol mutator blok. Jika Anda mengklik tanda tambah biru, Anda dapat menyeret argumen tambahan ke dalam prosedur.

Saat Anda membuat blok prosedur baru, Penemu Aplikasi memilih nama unik secara otomatis.

Anda dapat mengklik nama dan tipe untuk mengubahnya. Nama prosedur dalam aplikasi harus unik.

Penemu Aplikasi tidak akan membiarkan Anda menentukan dua prosedur dalam aplikasi yang sama dengan nama yang sama.

Anda dapat mengganti nama prosedur kapan saja saat Anda sedang membangun aplikasi, dengan mengubah label di blok. Penemu Aplikasi akan secara otomatis mengubah nama blok panggilan terkait agar cocok.

Saat Anda membuat prosedur, Penemu Aplikasi secara otomatis membuat blok panggilan dan menempatkannya di laci Definisi. Anda menggunakan blok panggilan untuk menjalankan prosedur.

  • procedure result

Sama seperti prosedur yang diblokir, tetapi memanggil prosedur ini mengembalikan hasilnya.

Setelah membuat prosedur ini, blok panggilan yang perlu dicolokkan akan dibuat.

Hasil dari menjalankan prosedur ini akan dikembalikan di blok panggilan itu dan nilai akan diteruskan ke blok apa pun yang terhubung ke steker.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel