Cara Membuat VoIP Server Jaringan Lokal Menggunakan 3CX Phone di Windows

Voip merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Cara kerja Voip yaitu data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data. Voip hampir mirip dengan menelpon lewat whatsapp, dimana tidak menggunakan paket data nelpon melainkan menggunakan quota internet.

Beberapa fungsi VoIP antara lain Signalling yang berfungsi untuk menangkap jaringan yang dituju sehingga dapat melakukan penyampaian pesan atau percakapan. Kemudian berfungsi sebagai Database Service yaitu pencari tujuan akhir yang harus dituju, dan sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam dua jaringan yang berbeda.

Voip juga berfungsi sebagai Call Connect atau Disconnect, yang memungkinkan si penerima panggilan dapat memutuskan panggilanatau menerima panggilan. Dan yang terakhir Voip juga berfungsi sebagai Codecs Operations, yaitu berguna sebagai coder ataupun decoder dalam pengubahan atau transmitted suara menjadi sinyal digital atau paket data maupun sebaliknya.

Voip atau Voice over Internet Protocol yang saya buat kali ini tidak menggunakan jaringan internet, melainkan melalui jaringan lokal yang dapat kamu hubungkan baik menggunakan kabel utp maupun menggunakan Hotspot smartphone. Berikut cara membuat Voip server di windows:

Cara Membuat VoIP Server

Karena disini kita menggunakan Software dan aplikasi 3CX Phone tentunya kita terlebih dahulu harus mendownloadnya. Anda dapat mendownloadnya melalui link berikut: https://www.3cx.com/phone-system/download-links. Download yang untuk server dan untuk klien, tampilannya seperti gambar dibawah ini.


1. Setelah anda selesai mendownload 3CX Phone untuk server dan klien, langkah selanjutnya adalah Install software 3CX PhoneSystem di komputer server dengan cara doble klik software tersebut, kemudian klik Next.


2. Maka akan tampil sebuah Configure HTTPS untuk 3CX Websites, silahkan pilih use HTTPS dan Klik next.


3.  Kemudian ubah Certificate password anda, buat yang gampang saja, disini saya membuat password dengan nama admin, jika sudah silahkan Klik Next.


4. Secara otomatis proses installing akan berjalan, tunggu hingga selesai.


5.  Jika proses installing nya sudah selesai, langsung saja klik Finish.


6. Setelah itu, anda akan di arahkan ke sebuah pengaturan wizard 3CX phone. Pertama, anda akan disuruh memilih bahasa, silahkan Pilih bahasa yang anda ingginkan, jika sudah silahkan klik Next.


7. Untuk pablic IP dikosongkan saja, kemudian klik Next.


8. Pada bagian Settings, pilih Create New PBX. Lalu klik next.


9. Pada Extension Digits pilih yang 3 Digits. Kemudian klik Next.


10. Untuk Setinggan Mail Server user dan password dikosongkan saja. Kemudian klik Next.


11. Pada Administrasi Login isi username dan password yang anda inginkan, dan jangan lupa mengisi password yang sama pada kolom Confirm Password. Kemudian klik Next.


12. Buat Extension pengguna dengan cara klik add.


13. Isi nama dan password anda. Lalu klik add.


14.  Maka akan tampil Extension yang telah anda buat. Kemudian klik Next.


15. Silahkan pilih nomor negara anda. Jika sudah, klik next.


16. Untuk general settings, operator extension di isi 100 dan voice mail extension diisi 999, kemudian klik next.


17. Kemudian pilih allowed negara anda, lalu klik next.


18. Pada VoIP provider, Silahkan klik Skip.


19. Maka pembuatan configurasi database akan berjalan secara otomatis, di sini pastikan anda terhubung ke internet terlebih dahulu. Setelah selesai klik next dan putuskan internet anda.


20. Pada registration silahkan isi dengan nama anda, lalu klik next.


21. Sampai disini anda sudah berhasil membuat sebuah VoIP Server. Untuk mengujinya silahkan klik Finish.


Karena disini kita akan membuat VoIP server lokal, maka kita membutuhkan sebuah jaringan lokal, disini saya menggunakan sebuah hotspot smartphone, caranya silahkan aktifkan hotspot smartphone anda terlebih dahulu tanpa menghidupkan akses internet nya dan silahkan hubungan atau koneksikan dengan komputer server dan komputer klien atau pengguna.

22. Jika sudah terhubung, Buka 3CX phone system pada komputer, silahkan pilih bahasa, kemudian masukkan username dan password yang telah anda buat sebelumnya pada langkah 11.


23. Selanjutnya pilih Extensions dan klik add Extension.


24. Pada pengaturan general masukan nama pengguna yang anda inginkan dan password di ubah sesuai keinginan. Disini saya memasukan nama hzn dengan password admin.


25. Kemudian pilih 3CXPhone, ceklis seperti gambar dibawah ini. Scroll ke bawah dan pilih apply.


26. Jika berhasil maka anda akan mendapatkan nomor telepon dan extension baru anda. Disitu nomor telepon nya adalah 101.


Untuk mengetes nya silahkan masukan Extension tersebut pada klien (komputer server juga bisa menjadi klien) menggunakan aplikasi 3CXphone. Install terlebih dahulu aplikasi 3CXPhone yang telah anda download sebelumnya. Jika sudah ikuti cara berikut:

Cara menggunakan 3CXPhone

1. Buka aplikasi 3CXPhone di Laptop anda. Laptop server juga bisa, kemudian klik New account yang terdapat di kanan atas 3CX.


2. Hilangkan ceklis yang ada dan klik New.


3. Masukkan nama, id, extension dan yang lainnya sesuai dengan extension yang telah anda buat sebelumnya. Yang terdapat pada langkah ke 26 di atas. Jika sudah klik Ok.


30. Kemudian tunggu sampai tulisan not connected berubah menjadi On Hook.


31. Jika sudah selesai maka anda telah berhasil membuat satu pengguna dengan nomor telepon 101 seperti diatas.

Untuk mengetesnya buat satu klien atau pengguna lagi dengan cara mengulangi langka 23 sampai 26 dan langsung 1 sampai 5 pada laptop klien yang sudah terkoneksi ke hotspot smartphone tadi.


Jika sudah, silahkan telepon dari laptop server yang sudah dibuat kan extension klien tadi ke laptop klien satunya lagi dengan cara mengetikan nomor telepon klien di aplikasi 3CXphone tadi, minsalkan no klien 102, ketik 102 kemudian klik gagang telepon warna hijau.

Jika berhasil maka leptop klien satunya lagi akan menerima panggilan dan dapat saling berkomunikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel