Cara Membuat Mail Server Lokal Menggunakan XAMPP dan Thunderbird

Mail server adalah sebuah server atau layanan internet yang digunakan untuk mengirim dan menerima email dalam satu jaringan server mail yang sama.

Mail server dapat mengumpulkan, mengolah, dan mengirim data-data serta informasi dalam bentuk email atau surat elektronik dengan menggunakan domain email khusus atau domain email tersendiri.

Mail server menggunakan dasar layanan client-server, dimana client dapat mengakses server email melalui aplikasi.

Ada tiga protocol utama dalam mengirimkan email melalui mail server, yaitu protocol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), POP3 (Post Office Protocol V3), dan IMAP SMTP. SMTP lebih banyak digunakan untuk menampung data serta mengirimkan email ke alamat email lain yang ingin dituju. Protocol POP3 dan protocol IMAP lebih banyak digunakan untuk memudahkan user dalam membaca dan mengakses email secara remote. 

Cara Membuat Mail Server Lokal


Sebelum anda membuat sebuah Mail server lokal, terlebih dahulu anda perlu menghubungkan laptop server dan Klian ke jaringan lokal. Anda dapat menggunakan kabel UTP atau Hotspot smartphone anda.

Setelah terhubung silahkan download dan install aplikasi XAMPP dan aplikasi Mozilla Thunderbird. Berikut langkah - langkah selengkapnya:

1. Setelah anda menginstal aplikasi XAMPP, silahkan buka aplikasi tersebut, lalu klik start pada Mercury dan klik Admin pada Mercury.
2. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini, Langsung saja pilih dan klik Configuration.
 
 3. Kemudian klik MercuryS SMTP Server.
 4. Pilih Connecting control dan hilangkan ceklis jika ada, lalu klik ok.
5. Maka akan tampil tampilan seperti langkah ke 3, pilih MercuryE STMP Client, buat nama server dengan nama locaLocal, kemudian klik save.
6. Pada gambar langkah ke 3, pilih Protocol Modules dan ceklis seperti pada gambar dibawah ini, lalu klik OK.
7.  Kemudian pada gambar langkah 3, pilih Manage local users dan klik Add.
8. Isi username  dan personal name beserta password yang anda inginkan, yang nantinya akan anda gunakan untuk membuat sebuah mail. Lalu klik OK.
9. Buat satu akun lagi untuk nantinya sebagai penguji, apakah mail berhasil atau tidaknya, dengan cara Klik Add seperti pada langkah ke 7, kemudian klik OK.
10. Buka aplikasi Mozilla Thunderbird yang sebelumnya telah anda install di dua laptop berbeda. Kemudian pilih Email.
11. Masukkan Nama Anda, Alamat email dan password yang telah anda buat sebelumnya, pada langkah ke 8. Perlu di ingat @localhost ganti dengan IP server, yang dapat anda lihat lewat laptop server di comand prom dengan mengetikan ipconfig/all. Berikut penulisannya @192.168.43.1.
12. Masukkan juga pada laptop satunya lagi.
13. Silahkan buat sebuah pesan disalah satu email tersebut.
14. Buat nama email penerima yang telah dimasukkan pada laptop sebelumnya, ketikan sebuah pesan, Seperti gambar dibawah ini. @localhost tetap di buat.
15. Lakukan juga pada laptop ke 2, dan coba lihat pada inbox apakah pesan telah diterima atau belum.
Itulah, cara membuat mail server lokal, semoga dapat membantu anda. Sekian Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel