Trik Cara Mengetahui Orang Yang Mencuri Jaringan Wi-Fi Anda

Jika Seseorang menggunakan koneksi WI-FI anda tanpa izin dari anda, tentunya hal tersebut mungkin dapat membuat koneksi Wi-Fi Anda menjadi lebih lambat dari biasanya, apalagi yang menggunakan nya banyak.

Kali ini saya akan membagikan trik mengenai bagaimana cara mengetahui orang yang mencuri Wi-Fi Anda dan cara memblokirnya. Berikut ulasan selengkapnya:

Cara Mendeteksi Pencuri Wi-Fi


Router nirkabel anda tentunya memiliki lampu yang berkedip saat digunakan, yang menunjukan bahwa router nirkabel sedang digunakan.

Triknya sederhana tapi sangat membantu,  cobalah untuk memutuskan koneksi setiap perangkat yang biasanya terhubung dengan Wi-Fi anda, seperti laptop, smartphone, dan apapun yang terhubung dengan koneksi Wi-Fi anda.

Jika lampu masih berkedip, ada kemungkinan seseorang terhubung ke router Anda dan mencuri Wi-Fi Anda.

Namun, jika trik diatas terlalu merepotkan bagi anda, ada cara lain untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda, berikut caranya:


  • Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin Anda pantau. 
  • Selanjutnya, unduh aplikasi pemantauan jaringan Fing di Play Store atau App Store.
  • Setelah selesai mengunduh aplikasi tersebut, buka aplikasi itu, dan Anda akan melihat nama jaringan Anda di layar beranda, dengan tombol Refresh dan Pengaturan. 
  • Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk Refresh.


Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, tetapi setelah itu Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung dengan WI-FI anda.

Cara Memblokir Pencuri Wi-Fi


Jika salah satu perangkat yang terhubung ke jaringan Anda tidak dikenal atau mencurigakan, Anda dapat memblokirnya selamanya.

Fing menunjukkan kepada Anda alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda.

Nomor akan mengikuti format ini dan terdiri dari angka dan huruf: 'xx: xx: xx: xx: xx: xx'), catat nomor tersebut.

Pada komputer yang terhubung ke router Anda, masukkan IP router Anda ke browser, lalu masukkan detail login router Anda di halaman berikutnya.

Setelah masuk ke router Anda, temukan opsi Keamanan (lokasinya bervariasi di antara router dan mungkin terletak di bawah Pengaturan Lanjut)

Di keamanan, klik pemfilteran MAC, lalu tambah perangkat. Masukkan alamat MAC perangkat yang ingin Anda batalkan di bidang MAC, berikan nama jika ada opsi seperti itu, lalu klik Terapkan, Simpan atau OK.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat membantu dan mengatasi masalah anda.

Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel