5 Tindakan Pencegahan Supaya Terhindar Dari Virus Corona

5 Tindakan Pencegahan Supaya Terhindar Dari Virus Corona

Beberapa hari yang lalu, presiden kita Joko Widodo telah mengumumkan bahwa di indonesia 2 orang positif terjangkit virus Corona atau COVID-19. Orang tersebut terjangkit virus ini setelah melakukan kontak dengan orang berkewarganegaraan Jepang.

Virus Corona sendiri merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan yang di tandai dengan batuk, demam dan sesak nafas. Untuk Meminimalisir supaya virus ini tidak menyebar tentunya kita harus melakukan tindakan pencegahan. Berikut 5 Tindakan Pencegahan Supaya Terhindar Dari Virus Corona:

5 Tindakan Pencegahan Virus Corona


1. Jangan Menyentuh Wajah

Hal ini dilakukan supaya virus yang menempel pada tangan anda tidak menyebar ke wajah dan terhirup. Baik wajah anda sendiri maupun wajah orang lain. Jika memang harus, cuci bersih terlebih dahulu tangan anda dengan sabun.

Bagaimana cara mencuci tangan yang bersih? Caranya, cuci bagian belakang tangan, sela-sela jari, bawah kuku selama 20 detik. Di sarankan cuci sampai batas siku tangan.

2. Buang Masker Jika Merasa Sudah Tidak Bersih

Masker memang merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melindungi mulut dari virus, akan tetapi jika dengan pemakaian yang salah tentunya akan berdampak sebaliknya. Jangan gunakan masker lebih dari sehari karena bakteri dapat berkembang di bagian   dalam masker jika digunakan terlalu lama dan jangan menyentuh bagian luar masker, jika terpaksa menyentuhnya, segera cuci tangan dengan sabun setelahnya.

3. Jangan Berbagi Makanan, Alat Makan, Gelas dan Handuk

Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi penularan virus dari barang yang di sentuh. Baik dari makanan, alat makan, gelas dan handuk. Jika anda berkeluarga, disarankan mengunakan alat makan, gelas dan handuk masing-masing.

4. Buka dan Tutup Pintu dengan Siku Atau Bahu, Jika Memungkinkan

Kenapa membuka pintu dengan siku atau bahu? Karena anda tidak dapat menyentuh wajah anda dengan siku. Hal ini untuk meminimalisir virus hinggap di wajah anda.

5. Selalu Cuci Tangan Dengan Sabun

Ini merupakan hal yang terpenting karena tentu saja dengan mencuci tangan dengan sabun akan menghilangkan bakteri dan virus yang menempel di tangan. Baik sebelum makan, sesudah makan, maupun setelah dari tempat umum.

Nah, itulah 5 tindakan atau cara pencegahan untuk meminimalisir penularan virus corona. Supaya kita selalu dilindungi Allah dan terhindar dari virus tersebut, Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel