Masker Habis, Ini Penyebab Masker Langka dan Mahal

Masker Habis, Ini Penyebab Masker Langka dan Mahal

Langka dan mahal, ini merupakan permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini. Hal itu tak lain disebabkan oleh permintaan yang melonjak sejalan dengan di umumkan nya virus corona yang telah masuk ke indonesia.

Masker adalah alat yang berfungsi untuk melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi, mencegah penularan dan penyebaran penyakit, serta untuk menghindari paparan polusi udara. 

Masker mulut sendiri memiliki dua jenis yang sering digunakan secara bebas oleh masyarakat, yaitu masker N95 yang dapat digunakan berulang kali dan masker bedah yang digunakan sekali pakai.

Penyebab Masker Langka dan Mahal


1. Akibat Corona Covid-19

Penyebab pertama adalah karena Virus corona. Setelah penyebaran virus corona di china hingga saat ini kebutuhan akan masker semakin meningkat, sehingga menyebabkan habisnya stok masker di berbagai apotek di indonesia. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran masyarakat akan terkena virus corona ini.

2. Bahan Baku yang Mulai Habis

Langkanya stok masker juga di sebabkan oleh bahan baku yang mulai berkurang, hal tersebut karena bahan baku masker salah satunya juga berasal dari China. Seperti yang kita tahu kalau China pada saat sekarang ini masih di selimuti oleh wabah virus corona.

3. Diborong BNPB

Ini juga merupakan salah satu penyebab langkahnya masker di indonesia khususnya masker jenis N95. Dimana sesuai keputusan pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) semua masker N95 di kimia Farma akan diambil oleh BNPB. Masker ini nantinya akan diserahkan pada para petugas yang menjalankan tugas di pintu gerbang masuk indonesia, sebagai antisipasi penyebaran virus Corona di indonesia.

Penyebab lainnya adalah karena masyarakat berbondong-bondong membeli masker untuk antisipasi wabah corona yang juga ditemukan di berbagai negara. Langkahnya stok masker tentunya berimbas pada harga yang melonjak. Sekarang harga masker biasa mencapai Rp 200.000 hingga Rp 350.000 per boksnya yang berisi 50 buah. Padahal harga normalnya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per boks.

Nah, itulah beberapa penyebab langkah dan mahalnya masker pada saat sekarang ini. Untuk melindungi diri dari virus Corona yang sedang marak penyebarannya pada saat sekarang ini, kita tentunya memerlukan alat perlindungan diri salah satunya adalah masker. Jika tidak terdapat masker setidaknya kita dapat memanfaatkan barang seadanya, seperti tisu dan sejenisnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel