Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Mudah Berjerawat

Content
    Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Mudah Berjerawat

    Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak - Siapa yang tidak menginginkan wajah yang bersih, lembab dan cerah. Baik wanita bahkan pria mendambakan kualitas kulit yang bagus agar penampilan menjadi maksimal, terlebih kepada wanita yang sangat memperhatikan kecantikan wajah dan tubuhnya secara intens. Tapi, tidak semua orang memiliki kadar kualitas jenis kulit yang normal bahkan cenderung lebih banyak orang dinegara kita memiliki jenis kulit yang berminyak karena beberapa factor seperti cuaca yang tropis.

    Wajah yang berminyak menjadikan tampilan kulit semakin mengkilap. Selain itu, debu dan kotoran akan dengan mudah menempel bahkan menyumbat dan menjadi sarang komedo bahkan jerawat yang sulit untuk dihindarkan. Dari situ dapat kita simpulkan bahwa kulit wajah berminyak menjadi penyebab utama adanya jerawat dibandingkan jenis kulit lain. Untuk itu, para pemilik kulit berminyak harus dengan teliti merawat dan menjaga kulit wajahnya dan mengetahui apa penyebab yang dapat menimbulkan kulit wajah memiliki minyak belebih hingga terjadi berbagai macam masalah seperti yang sudah disebutkan diatas.

    Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah


    Pola Makan

    Makanan yang masuk kedalam tubuh kita memiliki pengaruh yang besar untuk kulit, terlebih kulit wajah. Asupan lemak tinggi dan mengandung minyak atau santan tidak baik untuk kesehatan kulit karena dapat menyebabkan kadar minyak dalam tubuh meningkat lebih drastis. Selain itu, kurangnya asupan sehat seperti vitamin dan nutrisi pun dapat dengan mudah meningkatkan proses keluarnya jerawat karena kulit anda dalam keadaan tidak sehat. Kembalilah ke pola makan yang sehat, pilih buah yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit wajah seperti semangka, melon, apel dan papaya. Begitupula dengan asupan sayuran yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan menjadi asupan makanan wajib untuk anda.

    Kosmetik

    Jika anda seorang perempuan, anda tidak akan pernah lepas dari satu hal ini karena pada dasarnya kosmetik menjadikan tampilan wajah semakin menarik dengan setiap polesan yang di tempelkan. Namun, karena banyaknya produk yang berdatangan dengan berbagai macam promo dan tawaran manfaat yang di hidangkan menjadikan sang pemilik kulit untuk mencoba-coba beberapa jenis kosmetik baru yang sebagian besar nengandung zat berbahaya untuk kulit wajah. Mulailah untuk memilih salah satu pilihan yang tepat dan cocok untuk kulit anda dan stop untuk mencoba-coba jika anda menyayangi kulit wajah anda agar tidak muncul berbagai masalah termasuk jerawat.

    Pola Hidup

    Setiap para pekerja atau seseorang yang memiliki kegiatan yang padat akan cenderung malas untuk berolahraga. Sebagian besar dari mereka menghabiskan waktu luang untuk beristirahat dan bersenang-senang. Hidup yang tidak sehat dapat memicu timbulnya jerawat dan berbagai macam masalah kulit termasuk kulit kusam dan berminyak. Selain itu, penggunaan alcohol dan obat-obatan akan memperburuk kualitas kulit wajah anda. Pilih pola hidup yang sehat dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat jika anda ingin terlepas dari masalah kulit berminyak yang menjadi penyebab jerawat.

    Hormon

    Untuk masa transisi dimana seseorang yang mengalami masa pubertas atau wanita yang sedang hamil akan mendapu kulit wajah yang lebih berminyak dan menimbulkan banyak masalah yang salah satunya adalah jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya ketidak seimbangan hormone yang terdapat pada dalam tubuh.

    Sel-Sel Kulit Mati

    Sebagian besar jerawat yang muncul dipermukaan kulit wajah disebabkan oleh kelenjar yang berlebih dan menjadi factor utama bagaimana timbulnya jerawat karena kandungan kelenjar minyak yang bercampur dengan lapisan sel kulit mati. Disaat sel kulit mati bercampur dengan minyak yang berlebih akan membentuk penyumbatan yang menjadikan bintik hitam atau putih seperti komedo. Dari situ dapat kita ambil peajaran bahwa membersihkan kulit wajah sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit bersih dari kotoran dan mengangkat sel kulit mati.

    Bakteri 

    Masalah jerawat memang tergolong sangatlah pelik, salah satunya adalah bakteri yang menyumbat pada pori-pori kulit yang biasa disebut p,acne yang berkembang biak dengan subur dalam kelenjae sebaceous yang telah tersumbat. Dari hal tersebut akan menghasilkan zat penimbul iritasi pada daerah lain. Kelenjar yang disebutkan akan menjadi bengkak dan lemudian akan pecah dan menjadikan peradangan pada kulit sekitarnya.

    Demikian penyebab dan cara merawat kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat. Ubah pola hidup, gaya hidup, dan pola makan agar seluruh aspek dari masalah kulit berminyak yang menjadi masalah awal timbulnya jerawat bisa dimusnahkan atau lebih terkendali. Tentu tidak mau bukan mengalami hal yang tidak menyenangkan pada kulit wajah anda?