Cara Mengoptimalkan Penyimpanan Google Drive

Cara Mengoptimalkan Penyimpanan Google Drive

Google Drive merupakan salah satu penyedia penyimpanan online terbaik karena google drive merupakan kepunyaannya google, yang tentunya memiliki server yang sangat handal untuk menyimpan berbagai macam file anda.

Google Drive menawarkan hingga 15GB penyimpanan gratis untuk semua pengguna.  Jika Anda telah menggunakan Gmail untuk email Anda, maka otomatis Anda sudah menggunakan Google Drive untuk menyimpan lampiran email Anda.

Penyimpanan 15GB gratis yang ditawarkan oleh Google Drive tentunya cukup untuk sebagian besar pengguna yang hanya menggunakannya untuk menyimpan beberapa file penting mereka.

Namun, jika Anda menggunakannya untuk hal yang lebih dari itu dan mempunyai  banyak file penting di akun Google Drive Anda, Anda kemungkinan akan segera kehabisan ruang di akun Anda tersebut.

Tetapi untuk anda yang kehabisan ruang penyimpanan di google drive, masih ada beberapa cara untuk membuat penyimpanan gratis Anda pada google Drive menjadi lebih lega dan tidak penuh. Berikut tips cara mengoptimalkan penyimpanan google drive.

Cara Mengoptimalkan Penyimpanan Google Drive

Trik supaya Google Drive tidak penuh ini yaitu dengan mengoptimalkan konten yang sudah tersimpan di akun Anda, sehingga konten Anda menghabiskan lebih sedikit ruang dan Anda akan memiliki lebih banyak ruang yang tersedia untuk menyimpan file lain.

1. Hapus (File Besar) Lampiran Dari Gmail Anda

Banyak pengguna berpikir bahwa Gmail memiliki kuota penyimpanan sendiri dan tidak ada hubungannya dengan Google Drive.  Namun, hal tersebut salah karena Semua email dan lampiran yang Anda terima di Gmail sebenarnya dihitung berdasarkan kuota Drive Anda.

Penting bagi Anda untuk menghapus lampiran dan email yang tidak lagi berguna di kotak masuk Anda. Itu merupakan salah satu cara cepat dan mudah untuk mengoptimalkan penyimpanan google Drive.

Cara menghapus email yang tidak berguna lagi
  • Akses Gmail di browser Anda dan klik ikon panah bawah di kotak pencarian. Maka akan terbuka menu pencarian lanjutan.
  • Di menu pencarian yang baru saja anda buka, centang kotak yang mengatakan Memiliki lampiran. Lalu tekan Cari.
  • Maka akan tampil semua email yang memiliki lampiran besar, silahkan klik opsi Hapus di bagian atas untuk menghapus file tersebut.
  • Pastikan juga anda telah menghapus email dari Tempat Sampah.

2. Simpan Objek yang Tidak Didukung di Google Documents

Google Drive hanya menyediakan penyimpanan tanpa batas gratis untuk beberapa jenis file. Jika file Anda bukan salah satu dari jenis file yang didukung, Anda dapat menggabungkannya dengan jenis file yang didukung untuk mendapatkan penyimpanan tanpa batas gratis.

Misalnya, jika Anda memiliki gambar yang tidak ingin Anda modifikasi, Anda dapat membuat dokumen Google Documents dan meletakkan gambar di sana. Karena dokumen Google Documents mendapatkan penyimpanan gratis, gambar Anda di dalam dokumen juga akan mendapatkan hak istimewa yang sama.

3. Hapus Data Aplikasi Dari Akun Google Anda

Jika Anda telah menghubungkan beberapa aplikasi ke akun Google Drive Anda, Maka google drive mungkin menggunakan beberapa penyimpanan Drive Anda. Data aplikasi ini biasanya disembunyikan tetapi ada cara untuk menghapus data ini dari akun Anda. Berikut caranya:

Cara Hapus Data Aplikasi Dari Akun Google
  • Saat berada di situs Google Drive, klik ikon roda gigi di bagian atas dan pilih Pengaturan.
  • Klik Kelola Aplikasi di bilah sisi kiri pada layar untuk melihat aplikasi Anda. Klik opsi aplikasi yang menurut Anda menggunakan penyimpanan Anda dan pilih Hapus data aplikasi tersembunyi tersebut.

4. Menghapus File Sampah di Google Drive

Tahukah anda sebenarnya saat anda menghapus file di google drive, file tersebut sebenarnya tidak terhapus secara permanen melainkan di simpan di sampah google drive.

Untuk benar-benar mendapatkan kembali ruang yang telah ditempati file yang telah Anda hapus tersebut, Anda perlu menghapus sampah tersebut. Berikut caranya:

Cara menghapus file Sampah di Google Drive
  • Akses akun Google Drive Anda dan klik Sampah di sidebar kiri.
  • Klik pada judul Sampah di bagian atas dan Anda akan menemukan opsi kosongkan Sampah.  Klik opsi tersebut.
  • Maka sampah Google Drive Anda akan dikosongkan.

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa cara untuk Mengoptimalkan Penyimpanan Google Drive, tentunya akan dapat membantu anda untuk mengurangi kepenuhan google drive anda, sehingga tidak perlu untuk membeli paket penyimpanan berbayar google drive.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel