Membuat Web Server Dengan XAMPP Di Windows


Membuat Web Server Dengan XAMPP Di Windows

Web server merupakan software layanan berbasis data yang berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang diinginkan. Fungsi utama Web server adalah untuk mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan.

Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache  merupakan web server yang paling populer digunakan. Apache memproses dan menyajikan konten web ke computer.

Pada tutorial kali ini kami mengunakan sebuah sofware yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah web server di Windows yaitu XAMPP. Kenapa XAMPP ? Karena XAMPP bisa dibilang lengkap.

Pada XAMPP sudah terdapat Apache, MySQL, PHP dan Perl. Langsung saja berikut langkah-langkah untuk membuat web server dengan xampp di windows.

Cara Membuat Web Server Dengan XAMPP Di Windows

Langkah 1 : Download terlebih dahulu XAMPP pada website resminya (ApacheFriends.org). Pilih versi yang sesuai dengan windows kamu.

Langkah 2 : Jika sudah, silahkan instal XAMPP pada PC atau Laptop kamu. Cara instalnya cukup mudah yaitu kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

Langkah 3 : Kemudian buka XAMPP yang telah kamu instal tadi dengan cara doble klik. Lalu start service module yang kalian butuhkan, disini saya contohkan dengan Apache dan MySQL. Maka tekan Start pada Apache dan MySQL.


Langkah 4 :  Masukan program website kamu pada folder instalasi xampp\htdocs\disini. Untuk memastikan Apache telah berfungsi, silahkan buka browser, panggil alamat http://localhost. Untuk memastikan MySQL telah berfungsi, silahkan buka browser, panggil alamat http://localhost/phpmyadmin/.

Itulah, Cara Membuat Web Server Dengan XAMPP Di Windows semoga dapat membantu kamu dalam membuat sebuah web server, bagikan artikel ini jika menurut kamu bermanfaat dan silahkan komentar pada kolom dibawah jika ada saran atau pertannyaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel