Komponen - Komponen Elektronika Dasar Yang Harus Di Ketahui


Di masa sekarang ini siapa yang tidak mengenal "Elektronika". Sobat pasti tahu apa itu elektronika kan ? atau sobat pasti pernah mendengar kata elektronika. Elektronika sendiri adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah. dimana di masa sekarang sudah banyak orang-orang yang mengembangkan dan mempelajari ilmu elektronika ini,mungkin sobat salah satunya hehe.

Sebelum sobat mempelajari ilmu elektronika secara mendalam, sobat harus tahu dulu dasar-dasar dari ilmu elektronika itu sendiri. Salah satu yang harus sobat ketahui adalah komponen-komponen dasar elektronika. Untuk itu berikut ini harunup akan bagikan beberapa komponen elektronika yang harus kalian ketahui.

Komponen - Komponen Elektronika  Dasar

1. Resistor

Sumber gambar : en.wikipedia.org

Yang pertama adalah Resistor. Resistor merupakan tahanan atau hambatan, yang berfungsi untuk menghambat arus yang mengalir dalam suatu rangkaian tertutup. Ada pula namanya resistansi yaitu Kemampuan resistor menghambat suatu arus. Satuan resistansi adalah Ohm (Ω).

Besarnya nilai resistansi suatu resistor dapat sobat lihat dari gelang-gelang warna yang terdapat pada badan resistor. dimana setiap warna memiliki nilai-nilai yang berbeda,sesuai ketetapan dari warna resistor itu sendiri,untuk lebih jelasnya mengenai cara menghitung nilai resistansi pada resistor sobat dapat mengsearching langsung di google.

2. Kapasitor

Sumber gambar : en.wikipedia.org

Kapasitor merupakan sebuah benda yang dapat menyimpan muatan listrik. Satuan kapasitor adalah Farad. Fungsi Kapasitor sendiri hampir sama dengan baterai.

Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama,namun baterai lebih unggul dari pada kapasitor,dimana Kapasitor berfungsi hanya sebagai penyimpan muatan listrik sementara, sedangkan baterai selain juga dapat menyimpan muatan listrik, baterai juga merupakan salah satu sumber tegangan listrik. Sedikit tambahan lagi buat sobat bahwasanya Kapasitor pertama kali di temukan oleh Michael Faraday (1791-1867).

3. Transistor

Sumber gambar : en.wikipedia.org

Transistor berfungsi sebagai penguat, pengendali, penyearah, osilator, modulator dan lain-lain. Kenapa harunup memasukan transistor kedalam komponen-komponen elektronika dasar yang harus diketahui ? karena hampir semua perangkat elektronik menggunakan Transistor untuk kebutuhan pada rangkaian elektronikannya. Makanya sobat harus tahu apa itu transistor?, kegunaan dan fungsinya.

4. Dioda

Sumber gambar : teknikelektronika.com

Dioda berfungsi sebagai penghantar arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Dioda sendiri terdiri dari 2 komponen elektroda yaitu Anoda dan Katoda. Dioda memiliki banyak jenis,diantaranya PN Junction Diode,Light Emitting Diode (LED),Laser Diode,Gunn Diode dan lain-lainnya.

5. Induktor

Sumber gambar : en.wikipedia.org

Yang terakhir adalah Induktor. Induktor berfungsi sebagai penyimpanan energi dimedan magnet akibat tegangan listrik yang melaluinya. Induktor yang ideal terdiri dari kawat yang dililit tanpa adanya nilai resistansi.

Sifat elektrik pada induktor ditentukan oleh panjang induktor, diameter induktor, jumlah lilitan, dan bahan yang mengelilingi induktor tersebut. Nilai induktansi induktor dinyatakan dalam satuan Henry.

Itulah beberapa komponen-komponen elektronika dasar yang harus sobat ketahui jika ingin mempelajari ilmu elektronika lebih dalam lagi. Walaupun sebenarnya jika ingin mempelajari ilmu elektronika lebih dalam lagi harus mengetahui dan memahami lebih banyak komponen lagi. Paling tidak sobat dapat gambaran hal-hal yang perlu dipelajari sebelum mendalami ilmu elektronika. Sekian artikel dari harunup kali ini,semoga bermanfaat,jika ada yang ingin menambahkan atau bertannya silahkan isi di kolom komentar. Sekian terimakasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel