Teknologi Wi-Fi Akan Digantikan Oleh Li-Fi ?


Pasti kebanyakan dari sobat bertannya-tanya apakah Li-fi tersebut?. Kebannyakan orang lebih mengenal Wi-Fi dari pada Li-Fi,hal itu wajar karena Li-Fi ini merupakan penemuan baru,dimana teknologi Li-Fi ini di perkenalkan pertama kali tahun 2011 oleh prof Harald Haas yang merupakan fisikawan Jerman,dan sekaligus sebagai co-fouder dari PureLifi.


Li-Fi  (Light Fidenlity)  adalah sebuah metode mengirimkan paket data berbasis nirkabel melalui bola lampu LED. Bagaimana menarik kan sobat?. Dalam presentasinya, Prof Harald Haas menjelaskan masa depan dengan miliaran bola lampu LED menjadi hotspot nirkabel.


Tahukah sobat,bahwasanya Li-Fi ini digadang-gadang memiliki kecepatan akses internet 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Wi-Fi,Yaitu memiliki kecepatan transfer data hingga 1Gbps (Giga bit per second). Jika dibandingkan Wi-Fi yang hanya 600Mbps,jelas sekali Li-Fi ini lebih cepat di bandingkan Wi-Fi.

Teknologi Li-Fi ini dapat di aplikasikan pada konektivitas ponsel, tablet,laptop, dan berbagai perangkat mobile lainnya. Selain itu juga bisa di aplikasikan pada RF spectrum,komunikasi underwater ,kendaraan dan transportasi umum,aviator pesawat dan lain-lain.

Selain kelebihan diatas,kelebihan lain teknologi Li-Fi ini adalah sebagai berikut:
  • Tidak menggangu sinyal radio,sehingga memungkinkan untuk digunakan di dalam pesawat.
  • Menggunakan transmisi pencahayaan lampu,cahaya tidak dapat menembus dinding sehingga membuatnya lebih aman dari pengintaian oleh pihak eksternal.

Selain memiliki kelebihan,tentu saja teknologi Li-Fi ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah tidak dapat digunakan dibawah sinar matahari secara langsung.

Teknologi Li-Fi ini sendiri sudah di uji oleh perusahaan Velmenni, dimana di dapatkan kecepatan data secara teoretis sebesar 224 Gbps. Dengan kecepatan tersebut bukan tidak mungkin teknologi Li-Fi dapat menggantikan teknologi Wi-Fi.

Dengan kecepatan tersebut sobat bisa mengunduh film atau game beresolusi tinggi dalam hitungan detik. Bagaimana sobat, jadi tidak sabar menunggu Li-Fi ini di komersilkan bukan ? hehe.

Demikian pembahasan tentang Teknologi Wi-Fi Akan Digantikan Oleh Li-Fi ?. semoga bermanfaat bagi sobat, jika sobat ada pertanyaan,kritik atau saran silahkan isi di kolom komentar.

Sekian terimakasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel