Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seram! Ini Tempat Paling Angker yang Ada di Kalimantan

Konten

    harunup.com - Kalimantan merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia yang memiliki alam yang masih terjaga. Di Kalimantan terdapat hutan dengan berbagai jenis pohon yang besar, maka tidak heran jika Kalimantan disebut paru-paru dunia.

    Seram! Ini Tempat Paling Angker Yang Ada di Kalimantan

    Selain memiliki tempat wisata yang indah, Kalimantan juga memiliki tempat angker yang beredar di cerita masyarakat Kalimantan. Bahkan tempat-tempat angker ini ada yang dijadikan sebagai tempat wisata. Berikut tempat angker yang ada di Kalimantan.

    1. Kilang Minyak Pertamina

    Kilang minyak ini sudah ada sejak zaman penjajahan yang awalnya di kuasai oleh Belanda. Terletak di tepi Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, kilang minyak ini dikenal angker karena orang sekitar sering melihat hantu tanpa kepala. 

    Selain dilihat orang sekitar hantu ini juga tertangkap kamera CCTV. Menurut cerita masyarakat sekitar, di masa penjajahan, banyak rakyat yang dipenggal kepalanya di tempat ini.

    2. Alam Roh

    Alam Roh terletak di Kalimantan Selatan, tepatnya di desa pakualam, kecamatan sungai tabuk, Kabupaten Banjar. Karena tempatnya yang terpencil dan jauh dari karamaian, alam roh ini jadi jarang di lewati warga setempat. Alam Roh sendiri merupakan tempat bekas markas pejuang kemerdekaan rakyat Kalimantan Selatan. 

    Ditempat ini terdapat Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan sebuah rumah adat Banjar Bubungan Tinggi yang digunakan sebagai tempat pos penjaga dan sebagai museum sejarah para pahlawan.

    Dari cerita Rakyat, untuk bertahan dari tentara Belanda, tempat ini pernah di beri jampi-jampi dan di empat sudut tempat ini di kubur empat jimat yang berfungsi untuk menipu mata para penjajah yang ingin berbuat jahat. Mata penjajah yang memasuki alam roh tidak bisa melihat keberadaan para pejuang kemerdekaan dan mereka juga akan keluar dari alam roh dalam keadaan tewas. Tidak disarankan malam hari ke tempat ini karena selain sepi tempat ini juga angker.

    3. Tahura Sultan Adam

    Tahura Sultan adam atau taman hutan raya sultan adam terletak di Kalimantan Selatan, tepatnya di desa Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan Kota Martapura, Kabupaten Banjar. Tahura Sultan adam merupakan tempat wisata hutan dan perbukitan yang ada di Kalimantan Selatan. 

    Ditempat ini terdapat reruntuhan rumah orang Belanda atau lebih dikenal dengan sebutan benteng Belanda. Rumah ini awalnya di huni oleh orang Belanda, namun karena rumah ini tidak lagi dihuni selama bertahun-tahun menyebabkan rumah ini menjadi angker dan berhantu. 

    Ditempat ini sering ada penampakan hantu kuntilanak. Karena tempat ini seram dan angker akhirnya tempat tersebut di hancurkan dan menjadi reruntuhan rumah orang Belanda. 

    4. Gunung Halau Halau

    Gunung Halau Halau terletak di tiga perbatasan Kabupaten yaitu  kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Tanah Bumbu. Gunung ini memiliki tinggi mencapai 1901 mdpl yang menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi di Kalimantan Selatan. 

    Pada gunung ini terdapat salah satu pohon besar yang angker yaitu pohon kariwaya. Pohon ini sejenis beringin yang memiliki akar besar dan yang menarik, bentuk batang pohon ini seperti pintu gerbang yang ditengahnya berlubang sehingga bisa di lewati oleh tubuh manusia. Pohon ini angker dan dikeramatkan oleh masyarakat Dayak Meratus yang tinggal di sekitar gunung ini. 

    Nah itulah tempat yang angker di pulau Kalimantan. Apakah kalian tertarik untuk kesana? 

    Posting Komentar untuk "Seram! Ini Tempat Paling Angker yang Ada di Kalimantan"