5 Negara yang Tidak Punya Hutang

5 Negara yang Tidak Punya Hutang

Indonesia telah dihebohkan dengan sejumlah hutang yang mencapai triliunan, sedangkan kita sendiri ada yang kaget dan ada yang tidak pasalnya banyak negara-negara besar di belahan dunia yang justru memiliki hutang banyak misalnya, Amerika Serikat, China, Jepang dan lain sebagainya.

Semua negara yang memiliki hutang pun berbeda beda pada Gross Domestic Product (GDP) termasuk indonesia sendiri. Namun jangan salah jika ada beberapa negara yang sama sekali tidak punya hutang untuk membiayai negaranya, alias mandiri. Berikut 5 negara yang tidak memiliki hutang.

Negara yang Tidak memiliki Hutang


1. Makau

5 Negara yang Tidak Punya Hutang

Macau dinobatkan sebagai negara yang tidak memiliki hutang, macau juga sering diberi julukan sebagai Las Vegasnya China dan macau bertetangga dengan Hong Kong, Menurut ENU atau Ecnonomist Intelligence Unit, Negara Macau merupakan negara yang tidak memiliki hutang karena negara tersebut memiliki pendapatan negara sebesar 40 US Dollar Miliar per tahun, dan sangat mungkin karena macau hanya memiliki 557.672 jiwa di negaranya.

2. Brunei Darussalam



Negara yang merdeka pada 1 Januari 1984 ini terbilang cukup muda, negara ini juga bertetangga dengan indonesia dan masuk ke cakupan Asia Tenggara, dengan jumlah total penduduk yang hanya 408.786, negara ini dinobatkan sebagai negara yang tidak punya hutang. Diketahui bahwa sebagian besar penduduk di negara ini bekerja di sumber daya Minyak dan Gas, dari hasil itulah produksi sumber daya alam tersebut menyumbang PDB mencapai 90%, dan Minyak di negara ini sendiri setiap hari mencapai 167.000 barel.


3. Liechtenstein



Negara yang dekat dengan Austria dan Swedia ini juga tidak memiliki hutang, dengan populasi 35 ribu orang saja dan luas negara 62 mil persegi. Negara yang termasuk negara terkecil ke 6 ini juga menempati rangking ke 2 dengan pengangguran paling rendah di dunia, belum lagi pendapatan negara yang di hitung dari jumlah GDP per kepala yang mencapai 95 Ribu US Dollar.

4. British Virgin Island



Negara yang memiliki system Independent dari kedaulatan Inggris tersebut juga tercatat sebagai negara yang tidak memiliki hutang, negara yang paling kaya di Kepulauan Karibia ini juga sempat tersandung kasus Panama Papers, dimana banyak orang yang sengaja mendirikan perusahaan di negara ini karena memang negara ini membebaskan pajak.

5. Palau



Negara ini juga diberi julukan negara kepulauan yang memiliki 300 pulau, di negara ini juga sangat diminati turis mancanegara karena terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Dengan total penduduk yang hanya 21 ribu jiwa, negara ini dinobatkan tidak punya hutang, sangat luar biasa.

Nah itulah beberapa negara didunia yang tidak memiliki hutang. Kita sebagai warga negara indonesia berharap indonesia suatu saat dapat melunasi semua hutang dan menjadi negara tanpa hutang seperti negara diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel