7 Pesaing OS Android yang Akhirnya Gugur di Pasar Smartphone

7 Pesaing OS Android yang Akhirnya Gugur di Pasar Smartphone

Sistem Operasi atau Operation System yang lebih dikenal dengan singkatan OS. Adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk mengatur sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak.

Sebuah sistem operasi tidak hanya digunakan pada perangkat komputer. Pada zaman sekarang ini Sistem Operasi sudah banyak digunakan diperangkat ponsel dan dikenal dengan istilah Mobile OS.

Sejarah menulis bahwa munculnya sebuah Mobile OS adalah pertama kalinya sebuah ponsel pintar atau smartphone hadir yang diawali dengan lahirnya ponsel IBM Simon yang sekaligus merupakan ponsel pertama menggunakan layar sentuh.

Sepanjang sejarah perkembangan teknologi telah lahir berbagai macam sistem operasi ponsel diantaranya adalah android, symbian, OS tizen dan lainnya.

Semua sistem operasi mobile bersaing dalam kurun waktu tertentu mereka pernah merajai pangsa pasar sistem operasi, tetapi tidak selamanya mereka dapat di atas, ketika hadirnya pendatang baru yang menjadi peringkat nomor satu yaitu sistem Android.

Beberapa dibawah ini adalah sistem operasi yang dulu pernah menjadi primadona dan disukai juga disenangi banyak orang tapi pada akhirnya mereka tenggelam karena kalah saing dengan sistem operasi Android.

Pesaing OS Android yang Akhirnya Gugur


1. Tizen OS


Sistem satu ini pasti kamu pernah dengar. Tizen sebuah sistem operasi yang lahir untuk menyaingi Android oleh kerja sama dari Samsung dan Intel.

Tizen OS sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Open Source yang menggunakan kernel Linux.

Sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada ponsel Samsung seri Z1 di India. Walaupun perusahaan ini dipercaya dapat menggeser kepopuleran Android, namun pada rilisnya telah mendapatkan banyak kritikan karena performanya yang buruk.

Namun selama perkembangannya Tizen OS sampai pada versi 4 tetap tidak dapat menyaingi Android.

2. BlackBerry OS


Siapa yang tidak tahu BlackBerry. Yupz BlackBerry sebuah ponsel yang berasal dari Kanada ini merupakan salah satu ponsel yang populer di Indonesia.

BlackBerry dikembangkan oleh perusahaan Research In Motion (RIM). BlackBerry merupakan sebuah ponsel genggam yang memiliki kemampuan menyampaikan informasi jaringan data nirkabel yang mengejutkan dunia pada saat itu dengan aplikasi pesan instan andalannya BlackBerry Messenger.

Dalam perjalanannya BlackBerry telah mencapai versi tinggi yaitu BlackBerry 10 yang dirilis pada tahun 2014. Namun sayangnya perusahaan satu ini kalah saing ketika buming nya sistem android dan banyaknya aplikasi yang mengusung pesan instan dengan berbagai kelebihan fitur yang tidak ada pada BlackBerry dan akhirnya dinyatakan sistem operasi ini berakhir pada tahun 2019.

3. Symbian


Sistem operasi ini tentu tidak asing bagia kamu yang pernah menggunakan nokia. Salah satu sistem operasi yang populer di handphone nokia ini adalah Symbian.

Sistem operasi mobile Symbian dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dikenalkan pada tahun 1997, namun dipopulerkan oleh Nokia di mulai tahun 2001 pada series 60.

Ponsel Nokia yang pertama berbasis Symbian OS adalah Nokia 7650. Pada masanya jenis Nokia 7650 ini merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi dan ponsel pertama yang menggunakan kamera digital VGA.

Sistem yang berjaya selama beberapa tahun bersama dengan nokia ini, akhirnya menemui ajalnya secara resmi telah dihentikan dukungannya oleh pihak Nokia pada tahun 2013 tepatnya pada tanggal 24 Januari. Pada tahun ini sendiri sistem operasi Symbian telah bergeser karena sistem operasi Android.

4. Palm Os


Adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan Palm, Inc. Sistem ini juga dikenal sebagai dengan nama Garnet OS. Pada pengembangan sistem operasi ini digunakan untuk digital pribadi (PDA) pada tahun 1996.

Palm OS dirancang untuk memberikan kemudahan pada pengguna dengan user interface touchscreen-berbasis grafis.

Palm OS pernah menguasai pasar perangkat mobile sebesar 75% pada tahun 1999 dan berakhir di tahun 2012 setelah munculnya sistem android.

5. Meego


Sistem operasi Meego merupakan sistem operasi open source yang memakai inti program kernel Linux. Meego adalah sebuah proyek bersama antara dua perusahaan yaitu Intel dan Nokia yang mulai pada Februari 2010. Namun, satu setengah tahun kemudian, Intel menyatakan mundur dari proyek ini, hingga Nokia sendiri lah yang mengembangkannya.

Sejak dikembangkan oleh Nokia sistem operasi Meego dikembangkan untuk menyaingi sistem operasi android, akan tetapi semenjak Nokia menjalin kerja sama ekslusif dengan Microsoft pada Februari 2011 untuk menggunakan Windows Phone, sistem operasi Meego menjadi kurang mendapat perhatian dari Nokia sehingga proyek sistem Meego dihentikan secara resmi dan diumumkan berdekatan dengan dihentikannya sistem Symbian pada awal tahun 2014 tepatnya 1 Januari.

6. Windows Phone atau Windows Mobile


Sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft ini pertama kali muncul di tahun 2000 pada gadget Pocket PC 2000 dengan nama Rapier.

Selama perkembangan pihak Microsoft meluncurkan sebuah OS yang dinamakan dengan Windows Mobile. Sistem operasi tersebut dirilis pada tahun 2003 dengan nama Windows Mobile 2003. Penamaannya sendiri dimulai dari Windows Mobile 2003, Windows Mobile 2003 SE, Windows Mobile 5, Windows Mobile 6, Windows Mobile 6.1, dan terakhir pada September 2009, adalah Windows Mobile versi 6.5.

Setelah dukungan Windows Mobile berakhir pihak Microsoft mengembangkan OS baru dengan nama Windows Phone.

Pada versi awal Windows Phone pertama dimulai dari versi 7. Perangkat ponsel pintar yang pertama kali menggunakan Windows Phone 7 adalah HTC Surround dan Samsung Focus pada November 2010. Setelah itu, beberapa produsen ponsel lain, termasuk perusahaan Nokia, ikut membuat ponsel Windows Phone 7.

Versi akhir dari Windows Phone berakhir pada versi 10 yang memiliki tampilan Metro UI mirip dengan tampilan desktop Windows 10 ini dinyatakan berakhir pada tahun 2019.

7. Firefox OS


Firefox OS merupakan sistem operasi yang lahir untuk menyaingi Android. Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Mozilla Foundation dengan mengusung tampilan seperti Android dan iOS yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013.

Tapi sayang beribu sayang sistem ini gagal menarik perhatian konsumen kendati demikian penjualan dengan perangkat sistem Firefox OS masih sangat rendah dan pada akhirnya setelah sekian lama tidak ada perkembangan sistem satu ini harus berhenti pada tahun 2015.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel