4 Obat Alami Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

4 Obat Alami Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Sebagian besar penyebab sakit tenggorokan adalah virus. Tidak sedikit orang yang mengalami sakit tenggorokan mengobatinya dengan cara meminum antibiotik lewat obat kimia. Antibiotik sendiri seharusnya diberikan guna membunuh bakteri, bukan untuk mematikan virus. Penggunaan antibiotik yang berlebihan pun dapat berujung dengan kuman yang semakin kebal.

Untuk menangani sakit tenggorokan sebetulnya bisa dengan memanfaatkan beberapa obat alami yang dapat kita temui dengan sangat mudah. Pengobatan secara alami pun sangat minim efek samping. Sehingga memang lebih baik dibandingkan terburu-buru memilih untuk minum obat kimia apalagi antibiotik.

Nah, bagi anda yang mengalami sakit tenggorokan, tidak ada salahnya mencoba beberapa bahan alami berikut ini untuk meredakan sakit tenggorokan yang anda alami.

Obat Alami Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan


1. Bawang Putih


Bawang putih memang merupakan salah satu bahan alami yang mengandung manfaat begitu banyak untuk kesehatan. Termasuk salah satunya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bawang putih punya sifat antiseprik dan cara pemakaiannya untuk dijadikan obat sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya. Ketika hancur, bawang putih bakal melepaskan senyawa yang bersifat sebagai antibakteri, antivirus dan juga antijamur. Senyawa yang banyak memberikan manfaat di dalam bawang putih bernama allicin. Kalau memang tidak ingin mengunyahnya, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghisapnya selama 15 menit.

2. Teh Hangat


Air teh hangat adalah obat alami yang cukup sederhana yang bisa dipilih untuk mengatasi sakit tenggorokan. Teh kaya akan antioksidan yang salah satu manfaatnya adalah dapat memperkuat kekebalan tubuh dan mampu untuk membantu dalam menangkan infeksi. Supaya kinerjanya lebih berefek, campurkan dengan satu sendok madu dalam secangkir teh hangat yang anda buat.

3. Air Garam


Ada obat alami yang lebih sederhana lagi yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit tenggorokan. Adalah air garam yang bisa dengan mudah dibuat di dapur. Anca cukup mencampurkan satu sendok teh garam dengan 240 ml air hangat. Aduk sampai merata dan buat untuk berkumur dengan posisi kepala menengadah, lalu buang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam dapat mencegah infeksi saluran pernafasan di bagian atas. Selain itu juga dapat membantu untuk membersihkan dahak yang ada di tenggorokan. Ingat, gunakan air garam untuk berkumur saja, tidak untuk ditelan.

4. Madu


Obat alami lainnya yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah madu. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diminum dengan teh hangat. Sebuah studi menunjukkan bahwa madu dapat secara efektif untuk menyembuhkan luka. Sehingga juga dengan kata lain madu bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Itulah, beberapa obat alami yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit tenggorokan. Lakukan pengobatan secara tradisional seperti yang sudah dijelaskan di atas secara rutin hingga sakit tenggorokan reda. Jangan lupa juga untuk menghindari beberapa pantangan saat sakit tenggorokan, seperti menghindari makanan yang digoreng, makanan pedas, dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel