Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 7 Sayur dan Buah Untuk Melancarkan BAB

Content
    Ketahui 7 Sayur dan Buah Untuk Melancarkan BAB

    Sayur dan Buah Untuk Melancarkan BAB - Proses pembuangan kotoran dalam tubuh atau biasa disebut buang air besar (BAB) baiknya dilakukan setiap pagi dan rutin setiap hari nya, namun bagaimana jika kegiatan tersebut tidak lancar? Pasti akan sangat mengganggu kondisi perut anda. Dari rasa mulas, hingga bentuk perut yang akan membuncit dengan sendirinya.

    Gangguan pencernaan atau sembelit disebabkan dari banyak hal salah satu nya adalah kurang nya serat dari makanan yang kita makan. Serat yang baik terdapat dari beberapa sayuran dan juga buah-buahan yang sangat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh agar terhindar dari berbagai gejala penyakit yang diakibatkan oleh sembeli atau sulit buang air besar. Berikut 7 sayur dan buah yang berguna untuk melancarkan BAB.

    Sayur dan Buah yang Dapat Melancarkan BAB


    Pepaya

    Buah ini mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, tapi bukan cuma itu saja yang bisa ditangani oleh buah berbentuk lonjong ini, Salah satu nya untuk melancarkan pencernaan yang terganggu karena kurangnya serat dalam tubuh. Dan buah pepaya memiliki kandungan serat tinggi untuk mengatasi masalah pencernaan.

    Melon

    Si bulat hijau ini memiliki kandungan mineral yang tinggi, yang mana sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dan terbebas dari sembelit atau susah buang air besar. Kandungan air pada melon juga bermanfaat untuk menghilangkan keasaman pada tubuh yang menyebabkan terganggunya pencernaan seseorang terutama pada organ lambung.

    Kubis

    Kubis yang segar sangat kaya akan vitamin, beberapa vitamin yang terkandung dalam salah satu sayuran yang memiliki nama Kubis, Kol, atau kubis bulat ini adalah vitamin A, Beberapa Vitamin B, Vitamin C dan E. Selain beberapa vitamin yang disebutkan diatas, kubis pun memiliki kandungan serat tinggi yang berguna untuk melancarkan buang air besar.

    Wortel

    Si kuning panjang ini memiliki kandungan yang kaya akan betakaroten atau vitamin A yang mana menjadi zat gizi penting untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel memiliki serat yang dapat menaikan volume feses sampai 25% yang berguna untuk melancarkan anda dalam urusan pembuangan kotoran dari dalam tubuh melalui proses BAB.

    Bayam

    Bayam yang memang sangat mudah didapatkan dan dikelola untuk menemani santap siang atau malam ini memiliki kandungan serat tinggi, sebagaimana sudah dijelaskan diatas. Disaat tubuh kekurangan serat akan mengakibatkan gangguan pencernaan atau susah buang air besar yang mana akan mengganggu aktifitas dan kegiatan yang harus dikerjakan anda sehari-hari. Konsumsi bayam sebagai teman makan anda mejadikan urusan kebelakang lancer tanpa hambatan.

    Aprikot

    Buah aprikot juga memiliki kandungan serat yang mirip dengan buah dan sayur yang sudah dijelaskan diatas. Buah aprikot menjadi salah satu buah yang memang dapat mengatasi susah buang air besar karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, buah ini juga dapat menghancurkan cacing usus yang berbahaya.

    Kacang-kacangan

    Siapa sih yang ga suka makanan yang berbahan kacang, dari makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang-kacangan dan sudah mendunia seperti tempe, tahu sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar karena mengandung zinc yang baik untuk pencernaan. Selain olahan jadi seperti tahu dan tempe jenis kacang-kacangan lain juga bisa digunakan untuk urusan tersebut seperti kacang buncis dan kacang tanah.

    Dengan mencoba 7 sayur dan buah untuk melancarkan bab di atas semoga bisa mebantu masalah yang sedang anda hadapi saat ini, akan tetapi bila dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan hasil yang baik pula.