Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 3 Bahan Makanan Alami yang Bisa Dikonsumsi untuk Meningkatkan Trombosit

Content
    Inilah 3 Bahan Makanan Alami yang Bisa Dikonsumsi untuk Meningkatkan Trombosit

    Harunup.com - Trombosit merupakan keping sel yang mengalir alam tubuh dan mempunyai tugas untuk menghentikan pendarahan apabila terjadi luka. Sehingga trombosit ini mempunyai fungsi yang sangat vital yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara kerja trombosit adalah dengan menutupi pembuluh darah yang mengalami luka dengan membentuk benang fibrin dan akan dapat menutup luka dengan sempurna. Selain untuk menutup luka, trombosit juga sangat dibutuhkan untuk pengidap demam berdarah. Sehingga memerlukan tambahan trombosit agar menjaganya tetap normal.

    Oleh karena itulah trombosit pada penderita demam berdarah harus tetap dijaga dan bisa dengan cara mengkonsumsi obat yang dijual di Go Apotik. Atau cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah yang kedua adalah dengan mengkonsumsi beberapa bahan makanan tertentu. Misalnya saja beberapa bahan alami yang dapat untuk meningkatkan trombosit adalah sebagai berikut:

    Bahan Makanan Alami untuk Meningkatkan Trombosit


    1. Jambu biji

    Bahan pertama yang baik untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh adalah jambu biji. Penderita demam berdarah memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi jambu biji ini secara rutin agar dapat cepat merasa baikan. Hal tersebut bisa terjadi karena jambu biji sangat kaya akan vitamin C. Anda bisa untuk mengkonsumsi jambu biji secara langsung ataupun dibuat jus tanpa tambahan gula agar dapat merasakan efeknya lebih optimal.

    2. Bayam

    Sayuran juga dikenal mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan termasuk bayam. Sayur bayam mempunyai kandungan vitamin K yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan trombosit. Adapun cara pengolahan sayur bayam yang tepat agar bisa meningkatkan trombosit darah adalah dengan merebus 5 daun bayam terlebih dahulu di dalam air yang mendidih. Kemudian air rebusan bayam tersebut bisa dituangkan dalam gelas dan dikonsumsi setiap hari secara rutin.

    3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

    Bahan alami terakhir yang bisa meningkatkan trombosit darah adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan tidak hanya mengandung DHA yang baik untuk anak karena peran dha untuk kecerdasan otak anak.

    Tetapi kacang-kacangan juga mempunyai kalsium yang dapat meningkatkan trombosit darah. Biji-bijian juga mempunyai vitamin B9 yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit darah lebih optimal.