Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 7 Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Content
    Ini 7 Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak

    Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak - Seringkali anak-anak mengalami susah makan. Hal ini dapat membuat para orangtua merasa kebingungan. Penurunan nafsu makan pada anak seringkali terjadi pada saat anak dalam masa pertumbuhannya. Dengan terganggunya nafsu makan pada anak dapat menghambat pertumbuhan penting pada anak. Lalu, bagaimana cara mengatasi atau cara menambah nafsu makan pada anak?. Berikut kami akan berbagi 7 tips untuk menambah nafsu makan pada anak yang dapat membantu anda mengatasi masalah pada anak Anda.


    Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak


    1. Makan Bersama

    Tips menambah nafsu makan pada anak yang pertama adalah dengan menerapkan tradisi makan bersama setiap jam makan. Dengan melakukan cara ini, anak Anda akan melihat semua anggota keluarga makan dan anak Anda akan tertarik untuk memakan makanannya. Nah, apabila anak Anda tetap menolak, tetap mintalah anak Anda untuk tinggal di meja makan sampai waktu makan habis.


    2. Menyajikan Porsi Sedikit

    Menyajikan porsi sedikit pada makanan anak Anda adalah tips menambah nafsu makan pada anak selanjutnya yang dapat Anda lakukan pada anak Anda. Apabila anak Anda dapat menghabiskan semua makanan yang Anda siapkan untuknya, berikan pujian kepadanya. Anda dapat menambah porsi makan anak Anda secara bertahap setelahnya.


    3. Memberikan Minum Air Putih

    Tips menambah nafsu makan pada anak yang selanjutnya adalah dengan memberikan anak Anda air putih sebagai minuman anak Anda daripada memberikan susu. Sebaiknya Anda memberikan susu setelah jam makan selesai. Mengapa seperti itu? Anak akan merasa kenyang saat Anda memberikannya susu sebelum jam makan dan membuat anak Anda tidak mau makan.

    4. Hindari Memberi Cemilan

    Menghindari memberikan camilan pada anak sebelum jam makan juga merupakan tips menambah nafsu makan pada anak. Sebaiknya, Anda membatasi atau mengurangi pemberian jumlah camilan atau makanan ringan pada anak Anda.


    5. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

    Tips menambah nafsu makan pada anak selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan bagi anak Anda. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dapat menambah nafsu makan anak Anda secara alami.

    6. Sajikan Makanan yang Bervariasi

    Menyajikan menu makanan yang bermacam-macam dan bervariasi setiap harinya juga dapat menambah nafsu makan anak Anda. Tips menambah nafsu makan pada anak ini beralasan karena tubuh manusia pastinya membutuhkan berbagai macam minera atau vitamin setiap hari.

    7. Sajikan Makanan yang Menarik

    Menyajikan makanan dengan bentuk yang eye-catching atau menarik juga merupakan tips menambah nafsu makan pada anak yang dapat Anda coba. Hal ini dikarenakan pada dasarnya anak-anak menyukai hal-hal yang nenarik perhatiannya. Maka dari itu, anak-anak akan bersemangat memakan hidangan ynag disajikan apabila hidangan tersebut memiliki bentuk yang lucu dengan warna-warna yang menarik.