Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Bahan Sehari-hari

Content
    Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Bahan Sehari-hari

    Cara Meredakan Sakit Kepala – Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala baik dewasa maupun anak kecil. Pada umumnya sakit kepala ini disebabkan karena banyak hal mulai dari dampak suatu penyakit, stres, minuman berkafein, atau meningkatnya suhu tubuh yang disebabkan karena perubahan cuaca. Selain itu, masih banyak lagi penyebab lain yang dapat memicu sakit kepala bahkan penderita sakit gigi pun akan merasakan sakit kepala hebat karena saraf pada gigi terhubung langsung dengan bagian kepala.

    Untuk mengatasi hal tersebut membutuhkan penanganan yang serius agar sakit kepala dapat segera teratasi. Mengobati sakit kepala terbilang gampang-gampang susah tergantung apa penyebabnya. Jika sakit kepala yang anda rasakan disebabkan karena perubahan cuaca atau meningkatnya suhu tubuh? Maka anda dapat mencoba beberapa cara mudah mengatasi sakit kepala berikut ini:

    Tips dan Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Alami


    Memakan Kentang

    Kurangnya asupan kalium digadang-gadang menjadi salah satu pemicu timbulnya sakit pada kepala dan salah satu bahan makanan yang banyak memiliki kandungan tersebut yaitu kentang. Kentang dapat mencukupi kebutuhan kalium didalam tubuh dengan cara dimakan. Namun dalam proses pengolahannya, kentang tidak boleh digoreng melainkan dibakar atau direbus.

    Menggunakan Buah Pisang

    Salah satu manfaat pisang yang jarang kita ketahui yaitu dapat menyembuhkan sakit kepala. Selain kaya potasium, pisang juga kaya akan magnesium yang dapat meredakan sakit kepala sebelah. Untuk itu, jika anda terkena migrain ataupun sakit kepala biasa? Anda bisa coba menggunakan pisang untuk meredakannya.

    Minum Air Putih

    Sakit kepala dapat disebabkan karena dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga cara paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan memberi asupan cairan yang cukup. Minum air putih minimal 8 gelas perhari dipercaya dapat mengobati sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.

    Menggunakan Es Batu

    Kompreskan bagian kepala menggunakan es batu untuk mematikan rasa pada daerah kepala sehingga anda tidak akan merasakan sakit lagi. Cara mudah ini tergolong efektif untuk meredakan sakit kepala dan menurunkan panas yang biasa terjadi pada penderita sakit kepala.

    Menggunakan Kopi

    Meskipun memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan, namun kopi juga memilki manfaat yang baik salah satunya untuk mengobati sakit kepala. Konsumsi kopi secara wajar setidaknya 2 hingga 3 cangkir perhari. Kandungan kafein yang terdapat didalamnya mampu meredakan sakit kepala sebanyak 40% lebih efektif dari pengobatan lainnya.

    Biji Wijen

    Biji wijen mengandung banyak vitamin E yang dapat menstabilkan estrogen didalam tubuh. Kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah migrain dan selain itu biji wijen juga mengandung magnesium yang dapat meredakan sakit kepala. Selain wijen, anda juga bisa menggunakan bahan lain misalnya minyak zaitun, kacang-kacangan, gandum ataupun kentang manis.