Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Supaya Tidak Keracunan, Ketahui Cara Menyimpan dan Mengawetkan Makanan Beku yang Benar

Content
    Cara Menyimpan dan Mengawetkan Makanan Beku

    Cara Menyimpan dan Mengawetkan Makanan Beku - Tren mengonsumsi makanan beku menjadi pertimbangan para ibu-ibu rumah tangga yang sibuk. Karena pengolahannya yang mudah, bermacam jenisnya dan rasanya enak, makanan beku menjadi sebuah pilihan. Selain itu, makanan beku memiliki jangka waktu bertahan yang lama, bahkan bisa berbulan-bulan berada di dalam freezer. Ini membuat makanan beku menjadi makanan favorit yang tak hanya dikhususkan bagi ibu rumah tangga yang sibuk saja, namun juga bagi anak kos.

    Namun dalam prosesnya, makanan beku harus disimpan dengan benar. Bila hal ini tak diperhatikan, justru bukan tidak mungkin penyakit akan menyerang dan membahayakan tubuh. Makanan beku yang disimpan sembarangan dengan suhu yang tidak dianjurkan akan membuat bakteri berkembang biak. Bakteri ini akan membuat makanan beku menjadi busuk, berubah warna dan rasanya asam. Bila terus dikonsumsi, akan menyebabkan keracunan bagi yang mengkonsumsinya.

    Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengawetkan makanan beku di dalam freezer yang benar. Berikut kami akan berbagi beberapa tips menyimpan dan mengawetkan makanan beku.

    Cara Menyimpan dan Mengawetkan Makanan Beku


    1. Lihat Tanggal dan Beri Label

    Sebelum menyimpan makanan beku, perhatikan tanggal kadaluarsa terlebih dahulu. Bila tanggal kadaluarsa sudah lewat, meski disimpan dalam freezer pun tetap tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Ini dikarenakan bakteri sudah berkembang biak di dalam makanan beku sehingga akan menyebabkan keracunan makanan bila dikonsumsi.

    Selain itu, beri label tanggal pertama kali penyimpanan makanan beku tersebut di dalam freezer. Dengan ini, Anda dapat mengetahui berapa lama makanan beku atau frozen food tersebut berada di dalam freezer.

    2. Perhatikan Suhu

    Simpan frozen food atau makanan beku dalam freezer bersuhu kurang dari atau sama dengan -18 derajat celcius (sebagai contoh dapat dilakukan uji simpan es krim, apabila meleleh berarti freezer kurang dingin). Frozen food yang diletakan di suhu luar ruangan hanya bertahan 1 hari saja. Sedangkan frozen food yang disimpan di dalam chiller yang suhunya bahkan lebih dari 0 derajat celcius hanya bertahan 2 hari saja.


    3. Kemas dengan Baik dan Benar

    Lakukan pengemasan yang baik dan benar bila ingin menyimpan makanan beku diantaranya: kemasan tidak berlubang dan tidak mudah retak/pecah, harus bersih, tahan air dan penguapan. Dengan kemasan yang baik, frozen food akan terhidar dari bakteri yang cepat berkembang biak dan menyebabkan pembusukan.

    4. Jangan Membekukan Makanan Setelah Dicairkan

    Makanan beku yang sudah dikeluarkan dari freezer dan pengolahannya harus menggunakan cara pencairan terlebih dahulu, sebagai contoh daging beku, tidak diperbolehkan untuk masuk kembali ke dalam freezer. Makanan beku ini bila mencair maka bakteri sudah mulai berkembang biak sehingga harus diolah. Bila makanan tersebut dibekukan kembali, kemungkinan besar pembusukan akan cepat terjadi dan dapat membahayakan tubuh.


    5. Jangan Buka Pintu Freezer Ketika Listrik Padam

    Pastikan listrik freezer stabil sehingga suhu tidak naik turun dengan drastis karena akan mempengaruhi makanan beku di dalamnya. Bila terjadi listrik padam sewaktu-waktu, jangan membuka pintu freezer. Penting untuk diperhatikan karena hal ini dapat membantu suhu di dalam tetap aman dan makanan beku dapat bertahan 1 hingga 2 hari.

    Di atas merupakan beberapa cara menyimpan dan mengawetkan makanan beku yang baik dan benar. Bila dipraktekan, makanan beku yang Anda simpan dapat bertahan lama dan aman untuk dikonsumsi. Jika makanan beku yang Anda simpan nyatanya dapat bertahan lama dan tidak bau, rusak atau asam meski tidak mengikuti saran di atas, maka Anda perlu waspada ya!