Begini Cara Merawat Kacamata Agar Tetap Awet

Begini Cara Merawat Kacamata Agar Tetap Awet

Cara Merawat Kacamata Terbaru - Kacamata merupakan aksesoris yang bisa dikatakan cukup penting bagi pria dan wanita. Kacamata ada dua jenisnya yaitu kacamata yang berlensa minus dan kacamata gaya. Kacamata yang berlensa minus berfungsi untuk dapat membantu orang yang memiliki mata minus maupun yang silinder. Sedangkan kacamata gaya hanya untuk bergaya saja seperti saat berfoto ataupun melindungi mata kamu dari sinar matahari dan melindungi mata kamu dari debu.

Baik kacamata berlensa minus maupun kacamata gaya terdapat berbagai macam framenya dan kamu bisa memilihnya sendiri di tempat kamu membeli kacamata tersebut. Fashion memakai kacamata saat ini sudah meluas. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk tahu cara merawat kacamata agar awet.

Cara Merawat Kacamata Agar Tetap Awet


Bersihkan Kacamata Secara Rutin

Hal yang paling pertama dalam merawat kacamata ialah kamu harus membersihkan kacamata tersebut secara rutin setelah dipakai dengan menggunakan kain khusus seperti microfiber karena kacamata gampang sekali terkena debu. Merawat kacamata bertujuan untuk menghindari kotoran yang menumpuk yang berupa debu dan keringat di lensa kacamata yang dapat merusak lapisan atau coating lensa dan juga bisa menyebabkan korosi di frame metal kacamata. Sehingga wajib bagi kamu menggunakan kedua tangan kanan dan tangan kiri saat memakai dan melepas kacamata dan juga ketika saat akan memakai dan melepas kacamata jangan dipegang lensanya karena akan meninggalkan jejak sidik jari kamu sehingga membuat lensa kacamata kamu menjadi kurang jelas apabila dipakai.

Simpan di Dalam Kotak Kacamata

Bila kacamata kamu lagi tidak dipakai, maka kamu disarankan untuk menyimpannya dengan rapi di dalam kotak kacamata yang telah disediakan oleh optik. Selain bertujuan untuk melindungi dari debu dan kotoran, juga melindungi kacamata dari goresan. Atau kalau kamu tidak sempat memasukkan kacamata kamu ke kotak kacamata, kamu bisa menaruhnya di atas permukaan datar dengan posisi gagang terbuka. Namun hati-hati juga kalau kamu menyimpan kacamata kamu di tempat terbuka atau diluar kotak kacamatanya karena bisa saja kacamata kamu tertimpa suatu barang atau bisa terinjak. Yang pasti jangan sembarangan menaruh kacamata karena mengganti lensanya cukup mahal ternyata.

Jangan Letakan Diatas Kepala

Satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan yaitu untuk tidak menaruhnya di atas kepala kamu seperti saat kamu memakai bando, atau ketika kamu menaruhnya di dalam kantung baju dan saku celana. Hal tersebut untuk menghindari lensa kacamata kamu dari gesekan serta menghindari dari goresan dilensa kacamata tersebut. Hindari juga kacamata kamu dari minyak wangi, parfum, hairspray dan kandungan bahan kimia lainnya.

Buat kamu yang memiliki aktifitas yang padat dan sibuk banget, terkadang tanpa kamu sadari kacamata terbaru yang kamu baru miliki dan hanya ditaruh di meja saja bisa saja terjadi disebabkan karena adanya kotoran pada kacamata tersebut yang tidak dibersihkan sesuai dengan aturan yang benar. Apa saja sih aturan dalam membersihkan kacamata kamu agar tetap awet? Berikut ada beberapa aturan membersihkan kacamata yang patut kamu pelajari.

Tips atau Aturan Membersihkan Kacamata

  1. Gunakanlah cairan khusus pembersih lensa kacamata dengan menggunakan lap khusus pembersih kacamata. Tapi kamu juga bisa membersihkannya dengan sabun dan dibilas dengan air yang bersih.
  2. Jangan membersihkan lensa kacamata jika kacamata dalam keadaan kering supaya lensa terhindar dari goresan. Makanya semprotkan sedikit air kacamata kamu agar sedikit basah.
  3. Teknik dalam membersihkan kacamata gunakan gerakan dengan satu arah serta jangan terlalu ditekan lensa kacamatanya agar tidak patah dari framenya.
Cobalah beberapa saran di atas agar kacamata terbaru yang kamu miliki tetap awet. Itulah beberapa cara merawat kacamata. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel