7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi - Keyboard merupakan salah satu komponen laptop yang sangat penting dan sering digunakan. Oleh sebab itu, tidak heran jika keyboard laptop sering mengalami kerusakan. Kerusakan pada keyboard laptop tentunya sangat menghambat pekerjaan, apalagi jika salah satu karakter keyboard laptop yang tidak berfungsi tersebut merupakan karakter penting seperti Space dan Enter.

Penyebab tidak berfungsinya keyboard pada laptop dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah banyaknya debu yang terdapat pada laptop karena jarang di bersihkan, disebabkan oleh tumpahan air ataupun karena adanya kerusakan pada komponen dalam keyboard.

Sebelum membawa keyboard laptop yang tidak berfungsi tersebut ke tempat service keyboard, sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu 7 cara mudah untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi di bawah ini. Mungkin salah satu cara di bawah dapat membantu anda memperbaikinya, berikut kami akan berbagi 7 cara mudah memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi


1. Periksa Konektor Keyboard

Sebelum memperbaiki komponen Keyboard sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu konektor keyboard laptop yang anda gunakan tersambung atau tidak. Jika tidak silahkan sambungkan supaya keyboard yang anda gunakan dapat berfungsi lagi. Konektor yang tidak tersambung biasanya terjadi karena konektornya tertarik sehingga tidak terpasang dengan baik.

2. Restart Laptop

Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan Restart pada laptop anda. Restart pada laptop berfungsi untuk memulihkan keadaan sistem operasi laptop secara cepat. Biasanya pada setiap laptop sudah di sediakan fitur untuk melakukan restart.

3. Melakukan System Restore

Selain restart Laptop anda juga dapat mencoba melakukan System Restore untuk memperbaiki keyboard laptop anda. Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi bisa jadi karena menginstal program tertentu. Jadi anda dapat mencoba melakukan System Restore supaya laptop anda kembali seperti sebelum menginstal program tersebut. Pada Windows 7 dan 8 anda dapat melakukan System Restore dengan membuka Start menu kemudian cari Recovery.

4. Bersihkan Debu dan Kotoran Pada Keyboard

Salah satu penyebab tidak berfungsinya keyboard laptop dapat  di sebabkan karena adanya debu dan kotoran yang menempel pada keyboard. Debu dan kotoran ini biasanya terselip diantara karakter keyboard bahkan masuk ke dalam nya. Anda dapat membersihkannya dengan cara memiringkan keyboard laptop anda kemudian menggoyangkannya, jika debu dan kotorannya banyak silahkan coba buka keyboard anda dan bersihkan dengan kain yang sedikit basah. Bersihkan sampai tidak ada lagi debu dan kotoran pada masing-masing karakter keyboard.

5. Terdapat Masalah Pada Driver

Hal lain yang dapat mempengaruhi kinerja keyboard adalah driver yang bermasalah. Jika driver mengalami masalah maka dapat menyebabkan beberapa karakter keyboard tidak berfungsi secara semestinya. Driver yang bermasalah disebabkan karena menginstal software pihak ketiga yang tidak original sehingga rentan terserang virus. Untuk mengetahui driver bermasalah atau tidak anda dapat mengeceknya dengan membuka device manager kemudian lihat pada bagian keyboard, jika terdapat tanda segitiga berwarna kuning berarti driver anda bermasalah. Anda dapat mengatasinya dengan cara mendownload driver versi terbaru laptop anda.

6. Melepaskan Baterai Laptop

Cara mudah yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah dengan melepas baterai laptop. Cara ini merupakan cara yang sangat umum dilakukan tetapi sangat membantu dalam banyak hal. Anda dapat melepaskan baterai laptop anda dengan cara mematikan laptop terlebih dahulu, diamkan selama 3 menit, buka baterai laptop anda dan tunggu beberapa saat, kemudian pasang kembali baterai laptop anda.

7. Periksa Num Lock

Penyebab lain keyboard tidak berfungsi dengan semestinya adalah karena Num Lock aktif. Num lock aktif biasanya karena penguna tidak sengaja mengaktifkannya. Jika Num Lock aktif maka akan membuat karakter yang tertekan akan berbeda dengan tampilan seharusnya. Hal tersebut dapat anda atasi dengan cara mematikan Num lock tersebut. Cara mematikan Num luck dapat berbeda antara beberapa laptop. Anda dapat mencoba tekan Fn dan NumLk yang ada pada keyboard secara bersamaan. Jika tidak bisa anda dapat mencoba menekan Caps lock dan NumLk secara bersamaan.

Setelah anda melakukan 7 cara diatas untuk memperbaiki keyboard laptop anda tapi keyboard anda belum juga berfungsi maka bisa dipastikan keyboard laptop anda mengalami kerusakan yang cukup berat. Jika anda tidak bisa memperbaikinya lagi, sebaiknya meminta bantuan Service keyboard atau membeli keyboard laptop yang baru.

Itulah beberapa tips memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Tentunya cara diatas dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat. Semoga dapat membantu, sekian terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel