6 Trik Rahasia Blogger untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Secara Instan

6 Trik Rahasia Blogger untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Secara Instan

Trik Meningkatkan Keterampilan Menulis - Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, Anda harus menjadi penulis yang baik. Itu bukan berarti Anda harus mengambil jurusan sastra untuk menjadi penulis yang handal. Seiring berjalannya waktu, dengan Anda banyak membawa blog lain dan menulis artikel, maka keterampilan menulis Anda akan meningkat secara natural.

Dan kabar baiknya Anda tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk menjadi penulis yang handal. Berikut ada beberapa jalan untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda secara instan.

Trik berikut ini berguna untuk tulisan-tulisan pendek, tidak hanya untuk posting blog. Anda bisa menerapkannya pada email marketing, atau pada saat Anda membuat ebook. Anda bisa mempelajari mengenai email marketing pada artikel panduan email marketing bagian satu dan bagian dua.

Trik Meningkatkan Keterampilan Menulis Secara Instan


1. Rencanakan sebelum Anda memulai menulis

Dengan membuat rencana tulisan maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah arah tulisan Anda tidak keluar dari apa yang Anda bahas. Selain itu tulisan Anda akan lebih terstruktur sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca. Anda pun bisa menentukan akan mengupas sebuah bahasan dalam satu post atau dibagi ke dalam beberapa part atau bagian.

2. Bayangkan bahwa Anda menulis untuk seseorang

Cara paling sederhana dalam mengekspresikan gagasan atau ide Anda ke dalam sebuah tulisan adalah dengan membayangkan bahwa Anda menulis untuk satu orang. Bayangkan Anda menulis untuk salah satu pembaca setia Anda, teman untuk bertukar pikiran dan berbagi ide. Dengan begitu gaya menulis Anda akan lebih luwes dan mengalir.

3. Tulis kalimat yang lebih ringkas dan padat

Dengan kalimat yang lebih ringkas dan padat, ide yang Anda berikan lewat tulisan akan lebih mudah dicerna oleh pembaca. Selain itu membuat hidup Anda lebih mudah. Cukup tuliskan apa yang Anda pikirkan tanpa perlu basa basi.

4. Sapa pembaca dengan kata "Anda"

Sebagaimana yang saya gunakan di setiap artikel di blog kangmusa.com, saya selalu menggunakan kata "Anda" untuk menyapa pengunjung termasuk Anda tentunya. Hal ini akan membuat pembaca merasa lebih dekat ke penulis dan juga sebaliknya.

5. Hapus 10% dari jumlah kata dalam hasil tulisan Anda

Kebanyakan dari tulisan orang menggunakan kata yang terlalu banyak daripada yang dibutuhkan untuk menyampaikan ide mereka. Ketika Anda mengedit tulisan Anda, pastikan Anda bisa menghapus paling tidak 10% dari total kata yang Anda gunakan. Misalnya Anda membuat tulisan dengan 800 kata, maka potonglah hingga tinggal 720 kata. Anda akan terkejut karena dengan jumlah kata yang lebih sedikit Anda tetap bisa menyampaikan ide Anda.

6. Baca kembali atau print hasil tulisan Anda

Sangatlah sulit untuk melihat kesalahan pengetikan atau susunan kata ketika Anda menulis apa yang sedang Anda pikirkan secara langsung. Maka dengan membaca kembali atau mencetak hasil tulisan Anda akan dapat melihat kesalahan tersebut.

Nah itu dia keenam trik untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda, jadi tunggu apalagi? Mulailah menulis sekarang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel