Inilah 9 Ide untuk Mencari Inspirasi Menulis

Inilah 9 Ide untuk Mencari Inspirasi Menulis

Sehebat apapun seorang penulis, pasti ada kalanya dia merasa buntu termasuk Anda dan saya. Dan hal itu tidak mudah untuk dipecahkan. Kadang Anda sudah menghabiskan banyak waktu di depan layar namun Anda masih memandang word document yang masih kosong. Anda tidak tahu apa kira-kira yang akan Anda tulis selanjutnya. Berikut ini merupakan taktik untuk mendapatkan inspirasi ketika Anda merasa buntu untuk menyelesaikan sebuah tulisan.

Cara Mencari ide Inspirasi Menulis


1. Manfaatkan Google Alert

Ketika Anda merasa ragu kira-kira apa yang akan Anda bahas pada artikel selanjutnya, ada baiknya Anda manfaatkan Google Alerts. Dengan Google Alerts maka Anda akan tetap mendapatkan info terbaru mengenai topik yang sedang trending dan hangat di media online. Google Alerts akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di bidang yang Anda tekuni secara realtime. Cara untuk menyeting Google Alerts akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

2. Subscribe ke similar blog

Anda harus waspada terhadap apa yang diposting oleh blog kompetitor Anda. Selalu lakukan monitoring dengan melakukan subscribe ke blog mereka. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan ide mengenai apa yang seharusnya Anda bahas menyangkut hal-hal yang sedang up to date dan diminati oleh pembaca. Bagaimanapun Anda harus melihat dari hal yang berbeda dari cara pandang kompetitor sehingga blog Anda tidak disebut sebagai konten hasil copy paste saja.

3. Adakan survey atau polling

Pembaca suka apabila diajak berpartisipasi. Anda bisa adakan survey atau polling mengenai topik apa yang akan dibahas baik melalui blog post atau social media. Sehingga Anda tidak akan kehilangan ide dan pembaca pasti akan menunggu-nunggu artikel yang akan Anda buat tersebut.

4. Undang penulis tamu

Jika Anda sudah benar-benar merasa buntu dan sepertinya sulit untuk segera produktif maka mengundang penulis tamu merupakan salah satu opsi bagus. Hal ini menjaga pembaca blog Anda tetap mendapatkan hal baru selagi Anda beristirahat dan mencari inspirasi segar. Anda juga dapat mengundang teman blogger Anda untuk menulis di blog Anda termasuk saya.

5. Berjalanlah

Anda masih belum menemukan ide? Dan Anda masih duduk di depan meja kerja Anda? Maka berjalanlah. Langkahkan kaki Anda dan carilah udara segar. Atau Anda juga bisa melakukan peregangan pada otot-otot Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih hidup dan bugar sehingga ide-ide akan dapat segera bermunculan.

6. Tulislah artikel mengenai kesalahan

Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan "belajarlah dari kesalahan". Orang-orang selalu suka untuk membaca mengenai kesalahan. Karena mereka tidak mau membuat kesalahan yang sama yang telah dilakukan orang lain. Jika lain waktu Anda merasa buntu, maka ingat kembali kira-kira apa kesalahan yang Anda lakukan terakhir kali dan jadikanlah hal itu menjadi sebuah artikel.

7. Tulis artikel kontroversi

Anda tidak sependapat mengenai topik yang dibahas oleh kompetitor Anda. Dan Anda mempunyai cara pandang lain. Maka tulislah kontroversi. Kemukakan pendapat Anda dan penolakan Anda terhadap pendapat kompetitor Anda. Lakukan analisa lebih mendalam dan detail.

8. Ajukan pertanyaan

Nah jika Anda kontroversi dalam bidang yang Anda tekuni maka tidak ada salahnya Anda ajukan pertanyaan kepada pembaca Anda mengenai pendapat mereka. Mulailah dengan menjelaskan akar kontroversi dan pendapat dari berbagai macam sumber lalu ajukan pertanyaan. Ini adalah salah satu kesempatan untuk berhubungan dengan pembaca Anda dan akan membantu Anda mengambil kesimpulan dari masalah tersebut.

9. Amati orang lain

Keluarlah dari ruangan Anda dan amati orang sekitar Anda melakukan hal dan keputusan yang menarik. Pergilah ke tempat dimana komunitas Anda sering berkumpul dan bertukar pikiran. Anda akan mendapatkan banyak sudut pandang dari aktivitas ini. Setelah itu bisa Anda tuangkan di dalam tulisan di blog Anda.

Jadi dari kesembilan taktik yang sudah saya berikan, mana yang paling sesuai dengan Anda? Dan sudahkan Anda mendapatkan inspirasi?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel