Gejala Penyakit Liver, Jenis, Penyebab, Ciri & Obat Alaminya

Gejala Penyakit Liver, Jenis, Penyebab, Ciri & Obat Alaminya

Gejala penyakit liver adalah ciri-ciri awal adanya kelainan yang terjadi dalam tubuh seseorang. Dimana fungsi organ hati atau lever tidak dapat bekerja secara maksimal ataupun sempurna. Penyakit liver adalah penyakit yang menyerang hati atau liver. Penyakit ini perlu ditangani dengan cara yang tepat. Oleh sebab itu, mengenal gejala dari penyakit ini penting untuk Anda lakukan. Dengan mengetahui gejala yang diberikan maka Anda dapat segera melakukan pengobatan. Tentunya Anda tidak ingin penyakit ini bertambah parah dan membahayakan kesehatan Anda.

Gejala Penyakit Liver


Untuk gejala yang tampak diantaranya yaitu adanya perubahan kulit tubuh. Perubahan warna kulit tubuh ini mudah sekali dikenali. Selain itu gejala lainnya adalah air kemih memiliki warna yang lebih gelap. Warna yaitu kuning gelap atau pekat disertai dengan bau yang sangat menyengat. Gejala lainnya yaitu adanya penurunan naf-su makan. Gejala yang satu ini tidak dialami oleh semua penderita penyakit liver, hanya sebagian saja. Gejala lainnya yaitu adanya perubahan tampilan tubuh dan juga kuku. Tidak hanya itu, beberapa penderita penyakit ini juga mengalami mimisan. Beberapa penderita juga mengalami sakit kepala, mudah lelah, kejang dan lemah. Gejala yang terakhir yaitu adanya bau badan dan bau mulut yang kurang sedap.

Jenis-jenis Penyakit Liver


Selain gejala, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis dari penyakit liver ini. Jenis penyakit liver diantaranya yaitu penyakit Hepatitis. Penyakit Hepatitis juga dikenal sebagai penyakit radang hati. Jenis penyakit terjadi akibat terinfeksi oleh virus. Jenis penyakit liver lainnya yaitu Sirosis hati. Sirosis hati yaitu kondisi dimana kinerja liver hilang secara bertahap. Jenis penyakit ini dapat terjadi akibat terinfeksi virus Hepatitis B dan juga C. Jenis lainnya yaitu kanker hati atau Hepatoma. Hepatoma terjadi akibat kanker primer yang berkembang di jaringan hati dari sel parenkim.

Jenis penyakit yang satu ini merupakan kondisi yang paling kronis. Dimana terdapat komplikasi serius yang terjadi karena adanya virus Hepatitis B, Hepatitis C serta hemochromatosis. Jenis penyakit liver selanjutnya yaitu perlemakan hati. Hal ini dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Kondisi ini terjadi akibat adanya penimbunan lemak yang berlebih di sel-sel hati. Jaringan normal di hati akan tergantikan oleh lemak yang tidak sehat. Jenis lainnya yaitu Kolestasis dan jaundice. Serta jenis lainnya yaitu Hemochromatosis, yaitu adanya pengendapan besi yang terjadi secara berlebihan di jaringan hati.


Penyebab Penyakit Liver


Hal lain yang harus Anda ketahui mengenai penyakit liver ini yaitu penyebabnya. Penyebab penyakit liver  diantaranya yaitu pola hidup yang kurang sehat, konsumsi alko-hol berlebihan, kurang gizi dan juga adanya infeksi bakteri atau virus. Tidak hanya itu, penyebab penyakit liver lainnya yaitu sering bekerja di malam hari atau begadang. Orang yang banyak beraktifitas di malam hari menyebabkan hati bekerja lebih cepat. Hal ini menyebabkan hati mudah drop. Selain itu penyebab penyakit liver yaitu karena efek samping dari konsumsi beberapa obat, kelainan bawaan lahir, adanya trauma ataupun luka di bagian liver serta kurang menjaga kebersihan.

Ciri-ciri Penyakit Liver


Ciri-ciri penyakit liver penting untuk diketahui sejak awal. Dengan begitu, saat seseorang mengidap penyakit ini dapat segera diobati. Ciri-ciri gejala penyakit liver ini harus diketahui sejak dini. Setelah mengetahui bahwa seseorang mengidap penyakit ini maka pengobatan dapat segera dilakukan. Bayangkan saja jika seorang yang mengidap penyakit liver tidak tahu ciri-ciri penyakit liver dan dibiarkan begitu saja. Kondisi tubuh mungkin akan semakin memburuk dan penyakitnya semakin parah. Oleh sebab itu, hal utama yang harus dilakukan adalah peka terhadap perubahan tubuh yang diberikan. Ciri-ciri penyakit liver yang paling mudah dilihat adalah perubahan warna kulit tubuh.

Obat Alami Penyakit Liver


Setelah mengetahui gejala atau ciri-ciri yang diberikan maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan. Pengobatan penyakit liver ini tidak harus dilakukan menggunakan pengobatan medis. Pengobatan secara alami menggunakan obat herbal juga dapat dilakukan. Obat penyakit liver yang pertama yaitu terbuat dari bahan alami temulawak. Temulawak dipercaya sebagai tanaman herbal yang dapat melindungi liver dan juga memperkuat sel-sel liver. Tidak hanya itu, temulawak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selama ini temulawak memang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal, salah satunya yaitu sebagai obat penyakit liver. Baca juga: Pengalaman Sembuh Hepatitis Parah Dengan Temulawak.

Selain temulawak, tanaman herbal lain yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati liver yaitu sambiloto. Daun sambiloto bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta merusak sel-sel tumor pada liver. Tidak hanya itu, daun sambiloto juga bermanfaat untuk menghilangkan virus dan juga bakteri yang berbahaya dalam tubuh. Obat penyakit liver lainnya yaitu kunyit. Kunyit sendiri merupakan tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan obat herbal. Kunyit bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan dan juga peradangan. Tanaman herbal lainnya yang bermanfaat untuk mengobati penyakit liver yaitu pegagan. Kandungan yang ada pada pegagan dapat menguatkan sel hati.

Penyakit liver adalah penyakit berbahaya yang harus ditangani dengan serius. Penyakit ini tidak dapat disepelekan. Bahkan pada kondisi tertentu penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Menerapkan pola hidup sehat  adalah hal utama yang harus dilakukan bagi penderita penyakit liver. Sebagai saran bagi penderita penyakit ini sebaiknya untuk mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian selain aprikot dan pisang. Selain itu, perbanyak pula konsumsi umbi-umbian yang hanya direbus atau dipanggang saja. Hindari konsumsi alko-hol serta menjaga kebersihan alat makan juga penting dilakukan. Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai jenis, penyebab, obat serta ciri-ciri gejala penyakit liver.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel