Cara Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil

Cara Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil

Kehamilan adalah hal yang ditunggu-tunggu bagi pasangan suami-istri. Oleh karena itu adakalanya bagi seorang calon ibu harus mengetahui mengenai cara hidup sehat ibu hamil. Apalagi bagi seorang ibu muda yang belum berpengalaman sangat penting untuk menerapkan cara hidup sehat.

Seorang ibu hamil memerlukan pola hidup sehat agar kesehatan dirinya dan janin di dalam kandungan dapat maksimal.  Bagi seorang ibu muda yang baru mengalami kehamilan pertamanya,cara hidup sehat ibu hamil ini sangat penting untuk dilakukan agar sang buah hati dapat lahir ke dunia dalam keadaan sehat.

Adapun untuk menjaga kesehatan bagi ibu hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menerapkan cara pola hidup sehat ibu hamil.

Cara Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil

1. Makanan

Makanan menjadi hal sangat penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil. Apakah makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat ? Makanan sehat adalah makanan yang jauh dari minyak dan lemak. Ada beberapa makanan yang disarankan bagi seorang ibu hamil antara lain sereal, produk susu, buah dan sayur, ikan, vitamin, dan kacang-kacangan.

2. Minuman

Minuman juga penting untuk diperhatikan karena, kesehatan Anda dan janin jadi taruhannya. Lalu minuman seperti apa yang diperbolehkan ? minuman seperti memperbanyak minum air putih, susu, jus buah, dan sport drink.

Lalu minuman apa saja yang perlu dihindari dalam langkah menerapkan cara hidup sehat untuk wanita hamil ? Hindari mengonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi, teh, softdrink , dan cokelat yang tidak baik bagi kehamilan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dikhawatirkan menyebabkan keguguran di trimester pertama atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Itu sebabnya, dosis minuman berkafein yang dianjurkan saat hamil adalah tidak lebih dari satu cangkir sehari.

Dan satu lagi minumana yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat berisiko melahirkan bayi dengan keterbelakangan mental, kelainan sistem saraf pusat, atau lahir meninggal.

3. Olahraga

Selain mengatur asupan, olahraga juga penting untuk dilakukan. Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan agar kesehatan Anda dan bayi terjamin. Olahraga seperti yoga, renang, jogging, peregangan, dan senam sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Namun, olahraga-olahraga di atas bisa dilakukan dengan catatan tidak dilakukan secara berlebihan. Soalnya jika dilakukan secara berlebihan kesehatan janin bisa terganggu.

4. Hindari stres dan istirahat secara teratur

Sebisa mungkin bagi Anda calon ibu untuk menjaga kesehatan dan penting jangan sampai stres karena bisa berdampak kepada janin. Penting juga untuk Anda mengatur istirahat secara teratur, hindari pekerjaan yang berat dan jangan memaksakan diri.

Setelah Anda membaca artikel ini jagalah janin Anda agar lahir dengan keadaan sehat. Maka, mulailah gaya hidup sehat saat hamil ini mulai dari sekarang agar sang buah hati lahir dengan keadaan sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel