Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bau Badan ? Coba Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

Content
    Bau Badan ? Coba Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

    Mempunyai bau badan sangat mengganggu dan bisa membuat Kita malu serta sering kali dijadikan sindiran oleh orang-orang. Bau badan bukanlah disebabkan oleh keringat yang banyak, namun lebih disebabkan oleh bakteri yang menumpuk, karena sebenarnya keringat sendiri tidak mempunyai bau. Bau bakteri pada tubuh atau bahasa medisnya bromhidrosis berhubungan dengan anggota tubuh, seperti ketiak, mulut, kaki, anus, kulit, alat kelamin, dan rambut.

    Sebenarnya bau badan bukanlah suatu penyakit serius dan berbahaya, namun keberadaannya sangat mengganggu orang-orang yang berada di sekitar Kita. Tetapi mempunyai bau tak sedap bisa jadi Anda mempunyai penyakit lain dalam tubuh Anda. Oleh karena itu pentinya untuk menjaga tubuh Anda tetap bersih dan terhindar dari kotoran.

    Penyebab Munculnya Bau Badan


    Faktor-faktor penyebab munculnya bau badan banyak sekali mulai dari faktor dari dalam dan luar. Faktor dari dalam penyebab bau badan biasanya di pengaruhi oleh asam propionat yang diproduksi secara alami oleh tubuh lalu asam isovalerik yang di produksi oleh kuman atau bakteri yang dapat berkembang biak secara baik di daerah kulit yang lembab, terlalu stres yang dapat menyebabkan hormon tubuh memproduksi keringat beberapa kali lipat dari biasanya, dan terjadinya perubahan hormon contohnya dari masa kanak-kanak menginjak usia remaja.

    Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami


    1. Menggunakan Deodorant

    Salah satu penyumbang bau badan pada tubuh berada pada ketiak, karena munculnya keringat berlebih pada ketiak dapat menyebabkan bau badan pada tubuh. Oleh karena itu deodorant menjadi salah satu cara paling ampuh cepat untuk menghilangkan bau badan pada tubuh  terutama pada bagian ketiak. Anda tinggal membeli deodorant di pasaran yang cocok dengan kulit Anda.

    2. Mandi Lebih Sering

    Mungkin ini dia cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan, yaitu dengan mandi. Dengan mandi lebih sering dapat membantu menghilangkan bakteri pada tubuh dan dapat juga menghilangkan penyebab munculnya bau pada tubuh. Cara menghilangkan bau badan dengan mandi memang ampuh dan efektif karena dapat membuat tubuh Anda wangi dan segar serta terhindar dari bau badan.

    3. Ganti Pakaian Secara Rutin

    Cara sederhana untuk menghilangkan bau badan adalah dengan rutin mengganti pakaian. Bila Anda tidak mengganti pakaian secara rutin bakteri akan menempel pada pakaian dan menyebabkan munculnya bakteri yang menyebabkan bau badan. Banyak orang yang malas mengganti pakaian dengan rutin, alasannya karena malas untuk mencuci. Padahal cara yang satu ini sangat disarankan loh, apalagi untuk orang yang memiliki keringat berlebih.

    4. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

    Jangan Anda kira penyebab munculnya bau badan hanya dari aktifitas saja akibat gerakan tubuh. Ternyatan makanan juga berperan loh menjadi penyebab bau badan pada tubuh.Makanan seperti daging-dagingan, bawang merah, alkohol,jengkol, kafein, rempah, tembakau dan yang lainnya menjadi penyebab munculnya bau badan dalam tubuh Anda. Sebenarnya tak masalah jika Anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut, namun dengan syarat tidak memakannya dengan berlebih,

    5. Biasakan Untuk Pola Hidup Sehat

    Pola hidup sehat juga mempengaruhi untuk mengatasi bau badan pada tubuh. Oleh karena itu cobalah untuk memulai pola hidup sehat, seperti memakan buah-buahan dan sayur-sayuran.

    Mengatasi bau badan tubuh juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan dan obat-obatan herbal, seperti jeruk nipis, lemon, mentimun, dauh sirih dan macam-macam tanaman herbal lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan bau badan pada tubuh.