8 Cara Cek Kondisi Handphone Bekas Masih Bagus atau Tidak

Cara Cek Kondisi Smartphone Bekas – Membeli sebuah handphone bekas merupakan hal yang biasa terjadi, mengingat banyaknya varian harga handphone yang di keluarkan dalam waktu bersamaan yang memiliki spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Jilka ingin membeli handphone bekas tentunya kita mengharapkan kualitas yang hampir sama dengan keadaan baru handphone tersebut.

8 Cara Cek Kondisi Handphone Bekas Masih Bagus atau Tidak

Handphone (HP) merupakan salah satu gadget yang sangat penting pada era modern seperti sekarang ini, karena dengan HP kita dapat melakukan berbagai hal dengan sangat mudah dan dapat membantu dalam menjalani hidup sehari-hari khususnya dalam bidang komunikasi. Seiring perkembangan handphone, sekarang ini tidak hanya dapat melakukan komunikasi bahkan dapat melakukan hal lainnya, seperti Smartphone yang memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat.

Penggunaan smartphone yang mudah dan banyaknya fitur di dalamnya, tentunya tak heran jika smartphone adalah gadget yang sangat banyak peminatnya. Dibandingkan dengan gatget lain yang kebanyakan memiliki satu fungsi seperti jam tangan, Tv kabel, telepon dan sebagainya.

Jika kamu ingin membeli atau menjual HP second (bekas) tentunya kamu harus mengetahui kualitas dari HP tersebut baik kelebihan maupun kekurangannya. Berikut kami akan membagikan beberapa tips dan cara cek handphone bekas yang bagus atau tidak:

Tips & Cara Cek Kondisi HP Bekas

1. Mengecek Spesifikasi HP

Spesifikasi HP merupakan salah satu hal yang sangat diperhitungkan dalam membeli sebuah HP baik HP baru maupun bekas. Jangan sampai HP bekas yang kita beli memiliki spesifikasi berbeda dengan HP barunya. Jika kita membeli HP bekas yang tidak sesuai spesifikasi aslinya tentunya fiturnya juga akan terdapat perbedaan.

Maka sebaiknya kita mengecek spesifikasi HP bekas yang ingin kita beli supaya kita dapat memiliki spesifikasi HP aslinya sekaligus terhindar dari HP palsu.

2. Harga Pasaran

Selain mengecek spesifikasi,  tentunya kita harus menggetahui harga pasaran handphone bekas yang ingin dibeli, Supaya tidak terjadi perbedaan harga yang sangat jauh. Dalam hal ini, harga dari HP second sewajarnya berada di harga pasaran atau ritel, namun menyesuaikan dengan pasar smartphone bekas.

Kita dapat mengecek merek, tipe serta spesifikasi lalu tentukan harga yang pas menurut pasar. Sebisa mungkin memilih barang yang berkualitas meski bekas, serta tentunya memiliki spesifikasi sesuai dengan yang diinginkan.

3. Mengecek Bodi HP

Salah satu hal yang sangat di utamakan dalam membeli HP bekas tentunya bodi HP. Faktor satu ini memiliki cara yang mudah, apalagi untuk sekadar mengeceknya. Cukup dengan indera penglihatan dan peraba kamu bisa melihat bila ada cacat pada bodi HP.

Selain itu warna dan penurunan tingkat kualitas bodi juga dapat dilihat dengan mudah oleh calon pembeli. Namun, bodi hp yang bagus tentunya tidak menjamin kualitas HP yang bagus pula. Pastikan kondisi handphone sebaik mungkin, sehingga kita memiliki HP second yang hampir mirip baru.

4. Memastikan Keaslian HP

Hal lainnya yang harus kita ketahui adalah keaslian HP bekas tersebut. Memang body dapat menipu, namun keaslian HP dapat mudah teridentifikasi melalui OS atau ROM yang terdapat di smartphone bekas yang ingin dibeli.

Ada juga beberapa tipe ikon, UX dan UI dari smartphone yang merupakan ciri khas tersendiri di perangkat tertentu, seperti Apple iPhone, Samsung dan lainnya.

5. Keutuhan Fitur dan Fungsi

Saat membeli HP second tentu fungsi yang normal dan fitur yang lengkap menjadi harapan pihak pembeli. Banyak dari smartphone bekas memiliki kerusakan di beberapa bagian, baik dari fitur unggulan maupun sampingan.

Seperti contoh, fitur pop-out camera yang menjadi unggulan di Oppo F11 Pro akan sangat merugikan bila rusak. Sebaliknya, fitur flashlight bisa ditangani di beberapa hal bila rusak, baik dengan fitur Night Mode atau cahaya eksternal.

6. Kelengkapan Barang yang Tersedia

Barang yang tersedia ketika membeli HP sangat beragam, mulai dari earphone, chargeran, buku panduan, kartu garansi, jelly case dan bahkan game pad. Sebelum membeli HP bekas pastikan kita mengetahui kelengkapan barang yang ada di HP second tersebut.

Pastikan kelengkapan lain yaitu kotak resmi saat pembelian dan jangan menerima barang loose pack (tanpa box) karena kemungkinan besar merupakan barang curian atau tidak terpercaya.

7. Segel HP yang Masih Utuh

Segel HP dalam hal ini bukan kotak yang menjadi alat penyimpanan pada awal pembelian. Namun, lebih ke spesifikasi atau bodi smartphone yang memiliki segel resmi.

Jika segel mengalami kerusakan tentunya ada kemungkinan bahwa smartphone tersebut tidak dalam kondisi baik atau pernah mengalami di counter tidak resmi.

8. Mengecek Nomor IMEI yang Terdaftar

IMEI atau yang dibaca International Mobile Equipment Identity merupakan nomor resmi dan unik yang digunakan untuk mengidentifikasi surat dan keresmian smartphone yang dijual. Penggunaan IMEI juga terintegrasi dengan fitur sinyal seperti 3GPP dan iDEN untuk mengakses satelit.

Penggunaan akses satelit tidak lain berfungsi untuk menangkap sinyal, seperti kebutuhan radio, SMS, paket data dan sebagainya melalui SIM Card.

Bila smartphone kamu tidak terdaftar atau tanpa IMEI, maka bisa dipastikan barang datang tanpa pajak resmi atau bisa dibilang “barang gelap”.

Itulah, beberapa cara cek kondisi handphone bekas yang baik dan benar. Supaya mengurangi risiko dan kerugian dalam membeli Handphone bekas tidak ada salahnya kita mengetahui hal diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel