Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Content
    20 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

    Manfaat Minyak Ikan - Sudah menjadi salah satu rahasia umum jika minyak ikan terbukti memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan fisik & mental. Namun tahukan Anda berapa jenis penyakit yang bisa dicegah apabila Anda rajin mengkonsumsi minyak yang satu ini?

    Setidaknya ada 20 manfaat minyak ikan bagi kesehatan  tubuh serta beberapa jenis  penyakit yang dapat dicegah & dilawan dengan konsumsi minyak ikan.

    Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh


    1. Mencegah penyakit kardiovaskular

    Penyakit kardiovaskular adalah jenis yang ada kaitannya dengan sistem peredaran darah. Minyak ikan diketahui tidak hanya mampu membantu di dalam menurunkan trigliserida, pengerasan pada arteri dan juga kolesterol, namun juga mencegah terjadinya kelainan irama jantung tertentu.

    2. Mencegah kanker

    Minyak ikan telah lama terbukti cukup efektif terhadap 3 bentuk umum kanker, yaitu kanker pay-udara, kanker usus besar & pros-tat. Omega 3 juga membantu dalam menjaga sel-sel sehat tubuh yang normal dari bermutasi jadi tumor kanker serta mengendalikan pertumbuhan sel-sel yang tidak diinginkan.

    3. Menormalkan kolesterol

    Kehadiran EPA atau asam eicosapentaenoic & DPA atau docosahexaenoic acid ditemukan di dalam sebagian besar suplemen minyak ikan yang berkualitas tinggi untuk membantu mengatur kolesterol Anda.


    4. Menurunkan berat badan

    Konsumsi ikan juga dapat digunakan untuk proses penyembuhan hipertensi & obesitas. Sebuah studi yang dilakukan di Australia menemukan bahwa diet penurunan berat badan dengan cara mengkonsumsi minyak ikan dengan teratur bisa sangat efektif.

    5. Pengobatan arthritis

    Penggunaan dengan jangka panjang dari minyak ini ternyata cukup efektif untuk mengurangi dan sekaligus mencegah nyeri artritis.

    6. Menjaga kesehatan mata

    Omega-3 dalam minyak ikan menawarkan perlindungan bagi degenerasi makula (AMD) pada mata dan juga dapat mengurangi risiko terjadinya sindrom mata kering.

    7. Mencegah gangguan mental

    Minyak ikan terbukti membantu mengurangi risiko timbulnya penyakit, demensia & skizofrenia Alzheimer.

    8. Baik bagi kulit dan rambut

    Omega 3 pada minyak ikan membantu kelembaban sel kulit Anda, menghasilkan kolagen, meredakan berbagai peradangan kulit serta membuat awet muda. Kadar protein yang terdapat dalam minyak ikan juga akan membantu pertumbuhan rambut serta  menjaga akar rambut tetap kuat & sehat.


    9. Mengobati tekanan darah tinggi

    Omega-3 memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti koagulan, yang membantu untuk menurunkan tekanan darah. Darah didorong dengan lebih lancar ke seluruh tubuh Anda, maka hanya sedikit saja tekanan yang diberikan pada jantung. Itulah yang terjadi jika Anda rutin mengonsumsi minyak ini.


    10. Membantu pengobatan asma

    Minyak ikan membantu mengurangi terjadinya penyakit asma dan membuat bernapas lebih mudah.

    11. Membantu mengobati AIDS

    Penelitian yang sudah dilakukan oleh Program Ilmu Gizi di Lexington dapat membuktikan bahwa minyak ikan membantu dalam pengobatan AIDS, karena membantu dalam mengurangi tingkat trigliserida

    12. Menjaga kesehatan kuku

    Minyak ikan ternyata dapat digunakan juga sebagai kosmetik, asupan minyak ikan yang tinggi membantu untuk meningkatkan tekstur & kualitas kuku

    13. Menjaga kesehatan tulang

    Omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan mampu membantu menjaga keseimbangan mineral tulang dan juga jaringan di sekitarnya.

    14. Membantu pemulihan depresi

    Orang yang menderita depresi diketahui memiliki tingkat EPA yang rendah. Oleh sebab itu, minyak ikan ini bermanfaat bagi mereka yang sedang menderita depresi.

    15. Kehamilan bahagia

    Manfaat minyak ikan sangat baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan DHA di dalamnya yang membantu pengembangan mata dan juga otak bayi. Ini membantu untuk menghindari kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan mencegah kegu-guran.

    16. Anti inflamasi

    Minyak ikan efektif di dalam mengurangi peradangan di dalam darah dan juga jaringan. Minyak ikan efektif di dalam mengatasi gangguan pencernaan, sindrom usus pendek serta terjadinya penyakit inflamasi kronis.

    17. Menjaga otak dan sistem saraf

    Minyak ikan diketahui mampu membantu untuk meningkatkan memori, penalaran dan mencegah susah fokus/konsentrasi. Hal ini karena minyak tersebut meningkatkan aliran darah dan bahkan dapat mempengaruhi hormon serta sistem kekebalan tubuh Anda, akhirnya dapat mempengaruhi fungsi otak.

    18. Membantu atasi diabetes tipe 2

    Sebuah studi ilmiah menemukan bahwa minyak ikan bisa mencegah peradangan pada sel-sel lemak yang akan menyebabkan resistensi insulin serta pada akhirnya menjadi diabetes tipe 2.

    19. Mencegah jerawat

    Minyak ikan ternyata efektif untuk mencegah timbulnya jerawat, karena sifat EPA-nya, yang dapat mempengaruhi pembentukan sebum yang terdapat di dalam folikel rambut.

    20. Meningkatkan mood Anda

    Selain membantu penurunan depresi, minyak ikan juga telah terbukti dalam meningkatkan mood.

    Itulah 20 manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh dan mental. Dengan rutin mengonsumsinya secara teratur, tubuh Anda akan sehat serta mental Anda juga akan tenang. Jadi tunggu apalagi, mulai sekarang Anda harus rajin mengonsumsinya.