10 Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih

10 Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih

Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih - Tidak ada sesuatu yang lebih menyegarkan dibanding air dingin. Tidak ada seseorang yang menyangkal bahwa kadang-kadang segelas air putih dapat lebih memuaskan dibandingkan secangkir kopi ataupun meneguk sekaleng soda.

Meskipun demikian, masih banyak dari kita yang tidak minum cukup air tiap harinya. Seperti yang telah diketahui, kurang air ini dapat menyebabkan turunnya daya konsentrasi dan juga tidak baik untuk kesehatan. Inilah 10 tanda tubuh kurang minum air putih.

Tanda-tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih


Mulut kering

Air minum dapat melumasi selaput len-dir di mulut dan juga tenggorokan, yang akan terus menerus membuat mulut Anda jadi basah dengan air liur sesudah dalam tegukan pertama. Jadi, apabila Anda merasa mulut sedang kering, berarti Anda sedang kurang minum.

Kulit kering

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh Anda, jadi tentu saja kulit harus tetap terhidrasi. Bahkan, kulit yang kering menjadi salah satu ciri-ciri awal dehidrasi penuh yang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih besar. Kurangnya air ini berarti juga kurangnya keringat, yang menyebabkan tubuh Anda tidak mampu untuk dapat membersihkan kotoran serta minyak berlebih yang terakumulasi dalam sepanjang hari. Apabila Anda ingin bisa mencegah jerawat, jalan pertama yang Anda harus lakukan adalah minum lebih banyak air.

Terlalu haus

Meskipun Anda merasakan mulut Anda sudah tidak kering lagi, namun Anda tetap saja merasa haus, itu tandanya bahwa Anda harus menambah minum kembali. Bukannya apa-apa, tubuh Anda akan memberitahu secara alami apa yang dia butuhkan.

Mata kering

Sekarang semakin jelas bahwa air minum dapat mempengaruhi lebih dari sekedar bagian mulut dan tenggorokan. Kurangnya asupan air juga menyebabkan kering & mata merah. Tanpa air yang cukup di dalam tubuh, saluran air mata juga akan mengering.

Sakit tulang

Tulang rawan dan juga tulang belakang cakram manusia terdiri dari sekitar 80% air. Ini merupakan kebutuhan yang wajib untuk menjaga tulang  Anda dari bergesekan satu dengan lainnya dalam setiap langkah yang Anda ambil. Dengan selalu menjaga tubuh Anda dari dehidrasi, Anda memastikan bahwa persendian Anda bisa menyerap kejutan dari gerakan yang tiba-tiba, seperti saat berlari, melompat atau terjatuh.


Muncul masalah kesehatan

Minum air akan memungkinkan tubuh Anda untuk terus menerus menghancurkan racun. Organ tubuh Anda bekerja untuk dapat menyaring produk limbah tertentu seperti layaknya mesin, tetapi jika 'mesin' itu tidak Anda isi dengan asupan cairan, maka ia tidak akan bekerja secara baik. Akhirnya akan menyebabkan tubuh dehidrasi & malah meminjam darah Anda sebagai penggantinya, tentu saja hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan untuk Anda.

Merasa lelah dan lesu

Tentu saja, kurangan minum bisa menyebabkan rasa kantuk dan juga kelelahan secara langsung. Yang akan membuat Anda mudah merasa lelah serta lesu sepanjang hari.

Pencernaan bermasalah

Kurang minum juga dapat menimbulkan masalah untuk seluruh sistem pencernaan Anda. Tanpa asupan cairan yang tepat, jumlah dan juga kekuatan len-dir di lambung bekurang, memungkinkan asam lambung Anda untuk melakukan bebagai kerusakan besar bagi perut Anda. Hal tersebut menyebabkan apa yang disebut sebagai mulas & gangguan pencernaan.

Penuaan dini

Jumlah air di tubuh Anda mempertahankan bentuk alami yang bejalan seiring dengan bertambahnya usia Anda. Jelas, ini juga berarti bahwa, seiring dengan bertambahnya usia, Anda harus meningkatkan asupan cairan Anda. Sementara penuaan dini ini lebih jelas terjadi dikarenakan kurangnya asupan cairan ANda dari waktu ke waktu. Untuk dapat mengurangi risiko terjadinya penuaan dini, sangat penting bagi Anda untuk terus minum air yang cukup sepanjang hidup Anda.

Kurang buang air kecil

Percaya ataupun tidak, apabila Anda tidak ke kamar kecil 4-7 kali sehari, mungkin Anda tidak minum cukup air.  Apabila warna air kencing Anda kuning gelap, berarti tubuh Anda kurang minum. Dalam kasus yang berat, dehidrasi juga dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih, jika mengalami hal ini Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Itulah 10 tanda tubuh kurang minum air putih, Anda juga dapat menambah asupan cairan dengan buah buahan yang mengandung banyak cairan jika bosan dengan selalu minum air. Jangan sepelekan hal ini karena banyak masalah kesehatan yang timbul saat Anda sudah dehidrasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel