10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Selamat atas kehamilannya, pada usia kehamilan yang masih muda kadang Anda dibingungkan dengan makanan yang harus dikonsumsi. Tips makanan sehat ibu hamil muda ini bisa Anda coba agar kandungan gizi yang didapatkan sesuai dan tepat sasaran.

Bagi seorang ibu hamil wajib untuk selektif dalam memilih makanan agar janin sehat. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan bagi ibu hamil karena, pada usia trisemester pertama sangat rentan terjadi keguguran. Maka, penting untuk memperhatikan asupan makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan.  Pada usia ini sangat dianjurkan untuk mengonsumsi  asupan vitamin dan sereal sehingga janin dapat berkembang dengan baik.

Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hamil muda ? Pada ibu hamil muda harus mengonsumsi makanan dengan porsi yang banyak tapi perlu diperhatikan juga kualitas dari makanan yang Anda konsumsi. Anda juga perlu mengatur makanan yang Anda konsumsi agar tepat sasaran yaitu tergantung dan disesuaikan dengan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin.

10 makanan sehat untuk ibu hamil


1. Sereal

Sereal sangat dianjurkan jadi makanan sehat untuk kehamilan trisemester pertama, karena dapat mengatasi  kehilangan nafsu makan, gangguan muntah, dan mual. Pada sereal juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, dan kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

2. Buah dan Sayur

Buah dan sayur menjadi asupan penting untuk ibu hamil pada usia  kehamilan trisemester pertaama. Contohnya kandungan vitamin C pada jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Tak lupa asupan makanan yang banyak mengandung zat besi penting untuk dapat mencegah dari anemia.  Kandungan zat besi dari sayuran hijau juga penting, karena mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

3. Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan juga diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang mengandung asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

4. Roti Gandum

Jika sedang hamil,  disarankan untuk mengganti roti tawar dengan roti gandum. Pada roti gandum mengandung karbohidrat, serat, dan zat besi yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Makan setidaknya empat lembar roti gandum dalam sehari sudah bisa memenuhi 20 hingga 35 gram kebutuhan serat harian.

5. Yoghurt

Produk susu fermentasi seperti yoghurt sangat bagus bagi ibu hamil. Kandungan vitamin D dan kalsium pada yoghurt sangat baik untuk perkembangan janin. Jangan khawatir dengan yoghurt, karena yoghurt merupakan makanan rendah lemak yang menyehatkan.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan lemak omega 3 pada ikan salmon yang tinggii sangat bagus untuk wanita hamil. Ikan salmon aman karena kandungan merkuri yang sedikit jika dibangdingkan dengan makanan laut lain, misalanya kerang yang kandungan merkurinya sangat tinggi dan tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

7. Ubi Jalar

Kandungan karotenoid pada ubi jalar yang bermanfaat bagi wanita hamil, yaitu pigmen tanaman yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Meski mengkonsumsi makanan pembentuk vitamin A dalam jumlah banyak dapat membahayakan tubuh, karetonoid pada ubi jalar berbeda. Zat ini akan dikonversi bila diperlukan saja, sehingga tidak membuat Anda harus membatasi konsumsi vitamin A yang terdapat pada beberapa jenis buah dan sayur.

8. Walnut

Mungkin Anda bosan ikan atau telur, namun ingin tetap mendapatkan lemak  omega 3. Maka walnut bisa menjadi pilihan Anda sebagai pengganti ikan dan telur.

9. Daging Tanpa Lemak

Daging merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan daging tanpa lemak cukup sulit, tapi daging tanpa lemak baik untuk wanita hamil.

10. Telur

Kandungan kolin pada telur, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

Itulah beberapa makanan sehat bagi ibu hamil muda yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan Anda dan sang buah hati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel