Pengertian dan Pembagian Sistem Telepon

Telepon merupakan alat  komunikasi  yang digunakan untuk membantu kita menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan kita sebagai pengguna  telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Pengertian dan Pembagian Sistem Telepon

Telepon bekerja dengan cara mengirimkan gelombang suara melalui arus listrik dalam jaringan telepon sehingga kita bisa berkomunikasi dengan pengguna telepon lainnya. Penerima telepon akan menangkap getaran elektrik suara kita sebagaimana suara yang didengarnya.

Pengertian Sistem Telepon

Saat kita berbicara di telepon, kita mengeluarkan gelombang suara dari mulut. Gelombang suara itulah yang dibawa oleh arus listrik ke lawan bicara. Saat kita berbicara di telepon, gelombang suara akan mengenai diaphragm sehingga diaphragm bergetar.

Di belakang diaphragm diletakan sekumpulan kecil butiran karbon yang akan tertekan jika diaphragm bergetar. Ketika butiran karbon tertekan, hambatan listriknya menjadi lebih kecil, sehingga menyebabkan arus listrik mengalir melalui rangkaian telepon.

Sistem Telepon adalah perpaduan prosedur dan perangkat telepon dalam proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima.

Pembagian Sistem Telepon

Sistem telepon dibagi sesuai dengan ragam transmisi yang digunakan. Apakah dia menggunakan sistem transmisi tunggal atau bolak balik.dan pembagian sistem Telepon berdasar hal tersebut terbagi 2,yaitu :

1. Sistem Simplex

Pengertian dan Pembagian Sistem Telepon

Merupakan sistem yang memungkinkan pengiriman pesan/pesan suara dalam satu arah saja untuk suatu waktu tertentu, namun dapat juga memberikan komunikasi dua arah secara bergantian.

2. Sistem Duplex

Pengertian dan Pembagian Sistem Telepon

Pengertian dan Pembagian Sistem Telepon

Merupakan sistem yang memungkinkan transmisi dalam kedua arah secara serentak. Sistem duplex pada kebanyakan sistem telepon dengan menggunakan sistem switching melalui pasangan kawat yang sama .Hal ini dikarenakan hampir semua sistem telepon saat ini menggunakan operasi duplex penuh.

Persyaratan yang harus dimiliki oleh sebuah sistem telepon di antaranya, harus dapat memancarkan sinyal-sinyal suara pada kedua arah dan harus menyediakan suatu cara untuk memberi sinyal atau tanda dari masing-masing terminal ke terminal yang lain.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian dan pembagian sistem telepon. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi anda. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan lewat media sosial anda atau sebagainya. Sekian terima kasih !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel