Jenis-Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi, Media Transmisi, dan Area

Jenis-Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi, Media Transmisi, dan Area

Jaringan komputer menurut bahasa populer dapat diartikan sebagai sekumpulan komputer maupun perangkat lain (printer, scanner, hub, dsb) yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara. Media perantara tersebut bisa berupa kabel maupun nirkabel (wireless).

Jaringan komputer sendiri merupakan salah satu bentuk komunikasi antar komputer layaknya yang dilakukan oleh manusia disaat berkomunikasi. Manfaat dari jaringan komputer sangatlah banyak, beberapa contohnya adalah dapat lebih menghemat biaya, lebih hemat dalam penggunaan sumber daya, serta dapat berbagi penggunaan internet.

Jenis-Jenis Jaringan

Jaringan terdefinisi menjadi 3 jenis yaitu jaringan berdasarkan fungsi, jaringan berdasarkan media transmisi, dan jaringan berdasarkan area.

Berdasarkan fungsi

Jaringan berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Client-Server
Client-Server adalah jaringan komputer yang salah satu komputernya berperan sebagai server yang bertugas menyediakan layanan kepada komputer pengguna atau client. Layanan yang disediakan server dapat bermacam-macam, bisa berupa web server, storage server,mail server, dll.

2. Peer to Peer
Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana tiap komputer sama-sama dapat berperansebagai server maupun client. Jaringan Peer to Peer ini paling sering digunakan di dalam jaringan LAN.

Berdasarkan media transmisi

Jaringan berdasarkan media transmisi dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Wired Network (kabel)
Wired Network menggunakan media kabel sebagai penghantarnya. Kabel yang biasa digunakan adalah kabel UTP, Coaxial, ataupun Fiber Optik. Kelebihan utama dari Wired Network ini adalah kecepatan transmisi data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan Wireless Network.

2. Wireless Network (nirkabel)
Wireless Network menggunakan media gelombang radio, Infra Red, atau bluetooth sebagai media penghantarnya. Salah satu penerapan Wireless Network adalah area internet gratis dengan menggunakan Wi-Fi atau biasa disebut Hotspot. Yang teranyar adalah penerapan hotspot sebagai RT/RW Net.

Berdasarkan area

Jaringan komputer berdasarkan area dibagi menjadi 4, yaitu :

1. LAN (Local Area Network)
Local Area Network adalah jaringan lokal yang biasanya diimplementasikan di lingkungan rumahan atau perkantoran bertujuan untuk berbagi data dan resource seperti printer dan scanner secara bersama.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Secara teknis MAN tidak ada bedanya dengan LAN, hanya saja cakupan areanya yang lebih luas. MAN bisa mencakup daerah antar gedung, antar RT, hingga antar kota.

3. WAN (Wide Area Network)
WAN juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan LAN dan MAN, tetapi WAN bisa mencakup daerah antar negara hingga antar benua.

4. Internet 
Internet merupakan jaringan global yang paling luas dan dapat mencakup seluruh dunia,bahkan antar planet.

Itulah, beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan fungsi, media transmisi dan Area. Semoga dapat dipahami dan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Sekian terima kasih !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel