5 Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Layar di Android dan iPhone

5 Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Layar di Android dan iPhone

Jika biasanya anda berbagi layar hanya pada komputer desktop, sekarang anda dapat berbagi layar di android dan iphone. Berbagi layar yang dimaksud adalah Anda dapat dengan mudah menyiarkan atau membagikan layar ponsel Anda ke orang lain. Berikut kami akan membahas cara berbagi layar di android dan iphone serta aplikasi berbagi layar terbaik untuk Android dan iOS.

Metode Berbagi Layar Paling Mudah: Skype

Platform panggilan video Microsoft Skype memungkinkan Anda berbagi layar komputer atau ponsel dalam panggilan video. Fitur ini dapat diakses di semua platform, termasuk aplikasi Android dan iOS.

Karena ini OS-agnostik, tidak masalah apakah orang yang menerima menggunakan telepon atau desktop. Anda dapat menggunakannya untuk mengalirkan konten ponsel Anda ke desktop atau sebaliknya. Selain menampilkan konten layar dalam satu panggilan, Anda juga dapat menampilkan konten layar dalam panggilan video grup tanpa biaya.

1. Cara Membagikan Layar Android atau iPhone Menggunakan Skype

Untuk dapat menjalankan berbagi layar di skype  tidak memerlukan pengaturan khusus, anda hanya membutuhkan akun Microsoft. Berikut cara selengkapnya:
  • Pertama, unduh Skype di ponsel Anda, lalu buka aplikasi dan masuk.
  • Jika Anda baru menggunakannya, tambahkan teman Anda ke daftar kontak Anda dengan mencari ID Skype mereka dari bilah pencarian di bagian atas.
  • Sekarang, jalankan panggilan video dengan mereka dengan mengetuk ikon camcorder di sudut kanan atas obrolan.  Ketika teman Anda terhubung, sentuh tombol tiga titik di kanan bawah antarmuka panggilan dan pilih Bagikan Layar. 
  • Maka Layar Anda dan aktifitas yang anda lakukan pada layar tersebut akan dapat terlihat oleh teman Anda.
  • Terakhir, untuk mengakhiri berbagi layar, silahkan ketuk tombol Stop.
Selain fitur tersebut pada Skype juga terdapat fitur-fitur lainnya yang dapat berguna untuk anda. Seperti penerjemah bawaan yang dapat mentranskripsikan audio panggilan secara real-time dan menampilkan terjemahan dalam berbagai bahasa. Serta fitur opsi untuk merekam panggilan, saran cerdas untuk pesan teks, dan lebih banyak fitur Skype yang bagus lainnya.

Aplikasi Berbagi Layar Alternatif untuk Android dan iOS

Jika Anda merasa Skype sedikit kurang atau anda ingin fitur yang lebih seperti mengontrol perangkat lain dari jarak jauh, berikut adalah beberapa alternatif aplikasi lainnya:

 1. TeamViewer

TeamViewer adalah solusi yang lebih canggih untuk berbagi layar ponsel. Terutama digunakan untuk tujuan pemecahan masalah. Di Android, selain menyiarkan layar Anda, Teamviewer bahkan memungkinkan untuk orang lain mengontrolnya dari jarak jauh.

Namun, tidak seperti Skype, TeamViewer bukan aplikasi panggilan video. Yang berarti Anda tidak dapat langsung melakukan obrolan video dengan penerima. Serta konfigurasinya jauh lebih rumit dari pada Skype dan Anda diharuskan mengunduh beberapa aplikasi tambahan.

Cara paling mudah untuk berbagi layar Android atau iOS melalui TeamViewer adalah dengan aplikasi TeamViewer QuickSupport. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk secara instan membuat ID unik untuk perangkat Anda dan membagikan layar Anda tanpa membuat akun TeamViewer.

Caranya, instal terlebih dahulu aplikasi TeamViewer QuickSupport, Jika sudah buka aplikasi tersebut, kemudian ketuk tombol Kirim ID Anda untuk meneruskan tautan koneksi melalui aplikasi pesan atau email apa pun.  Di ponsel kedua, instal klien TeamViewer utama dan buka tautan yang Anda kirim.  Setelah pengirim mengkonfirmasi koneksi, Anda akan dapat melihat layar bersama.

2. Squad

Squad adalah aplikasi berbagi layar sosial yang bertujuan untuk membuat hangout virtual menjadi mudah. Anda dapat melakukan panggilan video hingga sembilan orang dan membagikan layar iOS atau Android Anda secara real-time, misalnya, berbelanja online bersama atau mendapatkan saran kencan maupun yang lainnya.

Kelebuhan lainnya yaitu Squad memungkinkan Anda untuk fokus pada satu aplikasi. Ini menghabiskan lebih sedikit bandwidth dan berguna ketika Anda berbicara dengan lebih dari satu teman di panggilan yang sama. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

Selain itu, ada opsi yang memungkinkan Anda membuat grup dan melakukan obrolan video dengan cepat dengan semua teman anda. Selain itu, Squad berfungsi sebagai layanan IM reguler dan menawarkan kemampuan untuk mengirim teks dan gambar biasa.

Skuad dapat anda unduh gratis, tetapi anda di haruskan daftar dengan nomor baru untuk membuat akun baru.

3. Lightbeam

Lightbeam memiliki serangkaian fitur yang sebagian besar identik dengan Squad. Tapi memiliki kemampuan berbagi layar yang unik.

Seperti Squad, Anda dapat melakukan obrolan video dan menyiarkan layar Anda secara bersamaan.  Tetapi Lightbeam juga telah mengintegrasikan komentar langsung di dalam jendela berbagi layar.

Jadi, teman Anda dapat berbicara tentang konten layar Anda, mereka dapat meninggalkan komentar teks yang akan muncul di atas kotak obrolan. Hal tersebut sangat ideal ketika Anda, misalnya, merencanakan rencana perjalanan dan ingin mengetahui apa yang dipikirkan semua orang. Namun, Lightbeam hanya mendukung maksimal empat peserta dalam satu panggilan.

4. Mimicr (Android)

Mimicr adalah layanan berbagi layar lain yang bisa dicoba oleh pengguna Android. Aplikasi ini dapat mengalirkan layar ponsel Anda dengan latensi minimal.

Mimicr dapat mengirimkan konten tampilan Anda ke ponsel kedua dengan menjalankan aplikasi yang sama, atau melalui tautan web. Metode yang terakhir memungkinkan Anda untuk mencerminkan layar ke telepon apa pun (atau bahkan komputer) hanya dengan membuka tautan di perambaan.

Terlebih lagi, Mimicr memiliki opsi obrolan suara sehingga Anda dapat berbicara dengan penerima sambil membagikan layar Anda. Atau, penerima dapat mengekspresikan diri menggunakan reaksi dan emoji.

Itulah beberapa aplikasi untuk berbagi layar atau mirror screen di android dan iphone. Anda dapat memilih salah satu aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan anda atau anda dapat mencoba semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel