Cara Membuat Web Server Lokal Menggunakan XAMPP (Apache,MySQL) dan Wordpress di Windows

Beberapa waktu lalu, saya diberi tugas oleh salah satu dosen untuk membuat sebuah web server lokal. Sebelumnya saya pikir membuat sebuah web server lokal itu adalah hal yang cukup sulit.

Setelah mencari- cari di google ternyata membuat web server lokal tidaklah sulit. Dari saya mencari kesana kemari sampai selesai membuat sebuah web server saya memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Karena kurang lengkapnya tutorial cara membuat web server lokal yang saya temui di pencarian google.

Untuk itu, berikut saya akan berbagi cara membuat web server lokal atau domain web server lokal menggunakan XAMPP dan WordPress di windows supaya dapat membantu anda.

Apa itu web server lokal?

Web server lokal atau web server localhost merupakan Web sebuah software yang memberikan layanan berbasis data. Web server berfungsi untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal.

Sedangkan Localhost adalah sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer adalah server, dan server adalah komputer. Namun sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain. Intinya dapat di akses tanpa terhubung ke internet.

Untuk dapat membuat sebuah web server lokal Anda memerlukan sebuah software atau aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah web server lokal. Disini saya menggunakan software XAMPP, karena fitur yang terdapat pada XAMPP cukup lengkap dan mudah untuk di gunakan.

Apa itu XAMPP?

XAMPP merupakan gabungan dari kata Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P), yaitu sebuah aplikasi ringan yang berfungsi sebagai media web server berupa apache juga database server yaitu mysql yang digunakan untuk pengetesan aplikasi/website pada komputer lokal.

Cara Membuat Web Server Lokal Menggunakan XAMPP

Untuk membuat web server lokal, terlebih dahulu anda harus mendownload beberapa Bahan yang diperlukan sebagai berikut:
  • Sofware XAMPPD : Dapat di download di Link berikut : www.apachefriends.org
  • File WordPress : Dapat di download di Link berikut : id.wordpress.org/download file dalam format Zip.

Langkah – langkah membuat web server localhost:

1. Pertama, silahkan install aplikasi XAMPP di Komputer atau PC anda dengan cara sebagai berikut:
Cara install aplikasi XAMPP  di Windows
  • Pertama, silahkan download aplikasi XAMPP terbaru di www.apachefriends.org.
  • Dobel klik file XAMPP yang baru saja anda download, nanti akan muncul jendela installer language.
  • Selanjutnya pilih bahasa. pilih yang bahasa inggris. Lalu klik OK.
  • Jika muncul pesan error abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES.
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centeng saja semua pilihan dan klik Next. 
  • Kemudian Anda akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Namun jika Anda ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browser dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.
  • Tunggu beberapa menit hingga proses instalasi selesai. Jika sudah, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.               
2. Setelah selesai menginstalnya silahkan Buka aplikasi XAMPP kemudian klik tombol Start pada bagian Apache dan MySQL. Setelah muncul kata Running yang berarti Apache dan MySQL sedang berjalan.


3. Setelah itu, perkecil dulu Aplikasi XAMPP nya tanpa menghentikan Apache dan MySQL. Kemudian buat nama blog yang anda inginkan, dengan cara cari folder XAMPP lalu htdocs pada file manager anda. Buat folder baru dengan nama blog yang diinginkan di dalam folder htdocs.


4. Selanjutnya ekstrak file WordPress yang telah di download sebelumnya.


5.  Pindahkan semua file WordPress yang telah di ekstrak tadi ke dalam folder yang telah dibuat sebelumnya.


6. Buka http://localhost/nama blog Di browser Anda, minsalkan saya membuat nama, blog tes maka buka http://localhost/blog tes, selanjutnya akan tampil pemilihan bahasa, klik ok, kemudian klik Let's go.


7. Selanjutnya anda akan disuruh mengisi database name, username, password, database host dan table prefix. Untuk cara membuat nama database silahkan ikuti langkah ke 8.


8. Database name dapat anda buat dengan cara buka http://localhost/phpmyadmin di browser anda. Pilih Baru kemudian buat nama database yang anda inginkan pada kotak yang telah di sediakan, lalu klik Buat.


9. Kemudian kembali lagi ke tap sebelumnya, isi database name dengan nama database yang telah anda buat tadi. Username isi dengan root, Password di kosongkan saja, database host di isi dengan localhost, setelah selesai langsung saja klik Submit.


10. Setelah selesai maka akan tampil sebuah pemberitahuan, langsung saja klik Run the instalation.


11. Isi site title dengan nama blog anda, Username dan password bisa di isi terserah, disini saya membuat admin saja supaya gampang mengingatnya. Email isi dengan email anda, email palsu juga di perbolehkan.


12. Jika berhasil, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Kemudian Langsung saja klik Log In.


13. Buka http://localhost/nama blog Anda/wp-admin di Browser anda, lalu masukan username atau email address dan password yang telah dibuat sebelumnya, kemudian klik Log In.


14. Jika berhasil maka anda akan langsung diarahkan ke dashboard blog yang telah anda buat.


15. Terdapat beberapa fiture pada WordPress seperti anda dapat membuat postingan baru, menambahkan media seperti video, gambar, menambah halaman, melihat komentar, mengedit tema dan lain-lainnya.


Sampai disini anda sudah selesai membuat sebuah web server lokal, langsung dengan blognya.

Untuk mengujinya apakah sudah berfungsi dengan semestinya, anda dapat mengujinya dengan cara hubungan komputer server dengan hotspot smartphone, kemudian buka di komputer satu lagi yang sebagai Klian yang juga terhubung ke hotspot tersebut. Buka http://nomor IP/ nama blog di browser klian. Jika berhasil maka blog anda akan langsung terbuka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel