Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Aplikasi tidak terpasang merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi oleh beberapa orang yang biasa menginstal aplikasi android diluar aplikasi Play Store. Sebenarnya Aplikasi PlayStore sudah cukup untuk mendownload aplikasi penunjang yang dibutuhkan oleh pengguna Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Tetapi, pada saat sekarang ini, karena adanya aplikasi berbayar dan karena kebutuhan, tak jarang para pengguna Android mendownload aplikasi tidak melalui PlayStore melainkan melalui website tertentu, baik itu mendownload aplikasi maupun games yang sudah dimodifikasi.

Kenapa Aplikasi Tidak Terpasang

Penyebab Aplikasi tidak terpasang sangat lah banyak beberapa diantaranya adalah karena penuhnya kapasitas memory pada Smartphone android kamu. penuhnya kapasitas memory kemungkinan karena banyaknya aplikasi dan data yang terdapat di android kamu, hal tersebut mengakibatkan tidak ada lagi kapasitas untuk aplikasi yang akan kamu instal sehingga aplikasi tidak bisa terinstal.

Penyebab lainnya adalah aplikasi yang kamu download mengalami kerusakan atau error. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat kamu mendownload aplikasi atau aplikasi yang kamu download corrupted.

Penyebab utama aplikasi tidak terpasang biasanya adalah aplikasi yang kamu instal tidak mendukung dengan versi android Smartphone kamu. Hal tersebut terjadi karena aplikasi tersebut tidak kamu download dari play store dan aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dapat dijalankan pada android di atas versi android kamu.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi aplikasi tidak terpasang di android salah satunya adalah mengunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android.

1. Reboot Android

Hal pertama yang dapat kamu coba lakukan adalah dengan mereboot Smartphone Android kamu. Dengan mereboot atau restart Smartphone tentunya dapat menyegarkan smartphone kamu seperti awal dipakai. Biasanya dengan cara ini dapat mengatasi aplikasi tidak terpasang.

2. Cek Versi Aplikasi

Cara berikutnya yang dapat kamu coba lakukan adalah dengan cara cek aplikasi yang mau kamu instal. Lihat pada Android kamu apakah sebelumnya sudah ada aplikasi yang sama yang sudah kamu instal dengan versi yang berbeda di android kamu, jika ada silahkan hapus dulu aplikasi tersebut. Biasanya hal tersebut merupakan salah satu penyebab aplikasi tidak bisa terpasang.

3. Cek Memory  

Cek memory smartphone kamu apakah masih cukup untuk aplikasi yang mau kamu instal, jika belum silahkan hapus aplikasi yang tidak diperlukan sehingga dapat menginstal aplikasi tersebut.

4. Pastikan Aplikasi Tidak Error

Salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang adalah Aplikasi yang kamu download mengalami error atau corrupted. Jadi pastikan dahulu apakah aplikasi tersebut error atau tidak, jika error silahkan download lagi aplikasi tersebut pada website yang berbeda.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebenarnya banyak Aplikasi pihak ketiga yang dapat mengatasi aplikasi tidak terpasang di android. tapi kali saya merekomendasikan menggunakan aplikasi Zip signer. Kamu dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di Uptodown.com. Berikut langkah-langkah cara menggunakan Zip signer: 

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Langkah 1 : Download dan pasang zip signer di android kamu. 
Langkah 2 : Buka zip signer dan pilih Chose in out. 
Langkah 3 : Lalu kamu akan di suruh mencari file apk yang telah kamu edit sebelumnya. 
Langkah 4 : Pilih file apk editan tadi dan klik Signer/ sign app.
Langkah 5 : Tunggu hingga proses Sign manifest sampai selesai.
Langkah 6 : Jika sudah, silahkan instal aplikasi editanya yang sudah di signer tadi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di Android kamu. Jika kamu mengalami masalah aplikasi tidak terpasang, kamu dapat mencoba beberapa cara diatas. Jika Artikel ini bermanfaat bagi kamu silahkan bagikan dan komentar di kolom yang sudah disediakan dibawah.ini. Sekian Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel