Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 7 8 dan 10

Blue Screen (Layar Biru) merupakan kesalahan yang terjadi pada sistem operasi windows yang hanya menampilkan sebuah layar berwarna biru pada monitor laptop kamu. Biasanya penyebab error ini adalah disebabkan adanya masalah pada hardware dan software pada laptop kamu.

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 7 8 dan 10

Blue screen juga merupakan cara sistem operasi Windows menangani kesalahan yang mengharuskan sistem operasi berhenti bekerja, kesalahan ini tentunya tidak terjadi tiba-tiba. Ada beberapa penyebab suatu komputer mengalami Blue Screen, hal tersebut dapat kamu dilihat dari pesan yang tampil pada layar saat Blue Screen terjadi.

Penyebab Blue Screen windows 7 8 Dan 10

Ada beberapa penyebab terjadinya blue screen ini, di antaranya adalah kesalahan pada sistem biasanya monitor akan menampilkan pesan NTFS_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau pesan FAT_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000023. Driver yang terinstall pada komputer mengalami kerusakan biasanya menampilkan pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE.
  

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 7 8 dan 10

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, sebelum mengikuti langkah berikut kamu harus masuk kedalam safe mode, caranya sebagai berikut:
  1. Pertama, matikan komputer atau laptop kamu. Cara mematikan komputer atau laptop kamu ketika terjadi masalah blue screen yaitu dengan cara menekan tombol power button yang terdapat pada laptop kamu, kemudian tekan dan tahan tambol power button tersebut sampai komputer atau laptop kamu dalam keadaan mati.
  1. Setelah di matikan, nyalakan kembali komputer atau laptop kamu.
  2. Tekan tombol F8 pada laptop kamu, ketika komputer kamu sedang melakukan booting, yang akan membawa kamu ke menu booting.
  3. Saat di menu booting, pilihlah menu Safe Mode kemuudian tunggu hingga proses booting selesai.
  4.  

1. Lakukan Restart Pada Komputer

Cara ini mungkin cukuplah mudah , yaitu dengan cara menekan tombol restart pada komputer kamu dan tunggu komputer sampai melakukan proses booting sampai selsai. Jika komputer kamu belum mengalami kerusakan yang parah, pada saat booting maka tampilan monitor pada komputer kamu akan kembali normal.

2. Menggunakan Cara Scan Malware

Salah satu penyebab terjadinya blue screen pada komputer kamu adalah karena di sebabkan oleh Malware yang menyerang komputer kamu. Malware akan menyebabkan Windows mengalami ketidak stabilan dari sistem. Malware ini bahkan dapat menyerang sistem paling dalam dari Windows ataupun bagian yang palin awal pada Windows. Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat menscan Malware dengan menggunakan Software Antivirus.

3. Hapus Antivirus

hal ini pernah saya jumpai, dimana terjadi blue screen pada laptop teman saya yang disebabkan oleh banyaknya antivirus yang terinstal pada laptop. Cara mengatasinya dengan menghapus semua aplikasi antivirus yang ada pada laptop, kemudian jika sudah berhasil silahkan instal cuma satu antivirus saja pada laptop kamu. Jika kamu tidak dapat masuk ke dekstop windows silahkan masuk dulu safe mode untuk menghapus antivirus tersebut, caranya seperti langkah-langkah diatas.

4. Install Update Driver

Jika laptop kamu masih mengalami masalah blue screen, maka kamu dapat mengatasinya dengan cara menginstall update driver. Masalah blue screen ini bisa juga di sebabkan karena adanya crash yang di sebabkan proses update yang belum selesai atau proses update yang tidak cocok. Masalah ini dapat di atasi dengan cara kamu harus download dulu driver versi terbaru perangkat yang kamu gunakan.

5. Memeriksa Hardware

Jika kamu sudah mencoba dengan mengunakan metode software tapi belum berhasil juga dalam mengatasi blue screen, maka kamu perlu mencoba dengan cara memeriksa hardware pada laptop kamu apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

Langkah awal dalam memeriksa hardware laptop kamu dapat memulainya pada bagian Hardisk terlebih dahulu, jika Hardisk yang kamu gunakan menglami kerusakan, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalh blue screen pada komputer kamu. Tetapi jika Hardisk tidak mengalami kerusakan yang signifikan, maka kamu dapat memeriksa hardware yang lain, seperti pada bagian RAM dan lainnya.

6. Install Ulang Windows

Cara yang terakhir  yaitu dengan menginstall ulang sistem operasi Windows yang kamu gunakan. Cara ini sangatlah ampuh, karena cara ini akan membangun ulang sistem operasi Windows yang kamu gunakan pada laptop atau komputer kamu sehingga tidak akan terjadi lagi kerusakan – kerusakan seperti Blue Screen.

Itulah, Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 7 8 dan 10, semoga bermanfaat sekian terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel