Mesin Pencarian Memex Diklaim Lebih Canggih Dari Pada Mesin Pencarian Google

Memex (Memory and Index) merupakan mesin pencarian yang di kembangkan secara rahasia oleh para petinggi keamanan di Pentagon, Amerika Serikat,dirancang sejak awal tahun 2014 lalu sebagai proyek teknologi keamanan masa depan. Lewat salah satu badan penelitiannya yaitu Advanced Research Project Agency (DARPA). Dana proyek pembuatan Memex ini tidak main-main mencapai  USD 10 hingga 20 juta. Dimana DARPA menggandeng 17 perusahaan rekanan yang bekerja dalam bidang teknologi khususnya terkiat mesin pencarian.


Pencari Memex ini di klaim lebih canggih dari pada teknologi pencarian dari semua search engine popular seperti Google, Bing,Yahoo, dan lain-lainnya. Pengembang Memex menyatakan bahwa Memex mampu mengungkap lebih dari 90 persen informasi di dunia maya. Dimana seperti yang kita ketahui  bahwa selama ini mesin pencarian konvensional hanya mampu menjangkau sebesar 10 persen informasi di dunia maya.

Teknologi Memex ini tidak hanya menfasilitasi pencarian informasi secara umum melainkan juga digunakan sebagai teknologi pemecah kasus kejahatan masa depan. Di mana sudah mulai digunakan saat ini untuk beberapa keperluan keamanan umumnya seperti aktivitas hacking dan human trafficking.

Memex menampilkan informasi ke dalam bentuk infografis yang sangat sulit ditemukan oleh mesin pencarian Google.Berbeda dengan hasil pencarian Google yang menampilkan informasi secara linear berdasarkan algoritma.

Beberapa kelebihan mesin pencarian Memex dari pada mesn pencarian biasanya adalah system Pencarian yang lebih cerdas,Mampu menjaring aksi hacking / peretasan.Berikut ini penjelasannya:

  • Mampu Menjaring Aksi Hacking/ Peretasan 
memex  mesin pencarian canggih
Mesin pencarian Memex mampu memberikan hasil pencarian situs rahasia yang berekstensi .onion yang selama ini hanya mampu di jangkau oleh browser TOR (The Onion Router). Bagi kalian yang sudah mengenal atau sudah bergelut di dunia hacking atau peretasan dunia maya, pasti tidak asing lagi dengan jaringan situs tersebut. Biasanya melalui jaringan situs tersebut  para hacker di dunia berkomunikasi dengan bebas.

Hal terjadi karena lewat software TOR (The Onion Router) tersebut semua data komunikasi dapat disamarkan menjadi anonymous sehingga sangat sulit terlacak dan tentu saja para hacker dapat bebas berkeliaran di jaringan situs tersebut

Namun mesin pencarian Memex mampu menerobos jaringan situs tersembuyi tersebut untuk kemudian mencari data yang diperlukan untuk mengungkap kasus kejahatan cyber seperti hacking/peretasan pencurian data dll.
  • System Pencarian Yang Lebih Cerdas
memex  mesin pencarian canggih
Mesin pencarian Memex hadir menyuguhkan gambaran luas dalam bentuk infografis, berbeda dengan mesin pencarian seperti Google atau Bing yang berjalan berdasar alogairtma khusus yang telah disusun oleh pihak pengembangnya Jadi hasil pencarian Memex tidak didasarkan rating atau keterkaitan iklan seperti yang saat ini diterapkan mesin pencari seperti google.

Mesin Pencarian Memex tidak hanya bisa membantu dalam proses edukasi, namun juga ketahanan keamanan serta yang paling utama adalah menanggulangi masalah kriminalitas dunia maya. Bahkan Saat ini Memex juga memfokuskan diri untuk mampu menjelajahi jaringan Dark Web yaitu jaringan situs illegal yang selama ini belum tersentuh atau belum dapat dijangkau oleh mesin pencari biasa.

Sampai saat ini pihak DARPA menkonfirmasi bahwa Mesin pencarian Memex  ini  masih dalam tahap ujicoba dan belum siap digunakan untuk umum. Kita tunggu saja Mesin pencarian Memex ini di komersilkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel